Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Laksana Siapkan Proyek Bus Listrik

Kompas.com - 04/02/2021, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu karoseri pembuat bus terbesar di Indonesia, adalah Laksana dari Ungaran, Jawa Tengah. Karoseri yang khas dengan bodi andalan, Legacy, sedang menyiapkan proyek bus listrik.

Diketahui, sudah ada tiga industri yang siap memproduksi bus listrik di Indonesia. Di antaranya, PT Mobil Anak Bangsa (MAB), PT Inka, dan PT Kendaraan Listrik Nasional. Selain itu gemparan bus listrik asal luar negeri juga kerap diuji coba di Indonesia.

Technical Director CV Laksana Stefan Arman mengatakan, karoseri Laksana memang berencana untuk mengembangkan bus listrik untuk perkotaan sebagai proyek yang akan datang.

Baca juga: Beredar Desain Yamaha X-Ride 155 untuk Tandingi Honda ADV 150

karoseri bus mediumKompas.com/Fathan Radityasani karoseri bus medium

“Belum menyentuh sampai sana (produksi bus listrik) namun saat ini masih bodinya saja,” ucap Stefan dalam Webinar Busworld SouthEast Asia – Session 2, Selasa (2/2/2021).

Stefan mengatakan, tantangan untuk karoseri saat memproduksi bus listrik adalah saat pembuatan bodi. Mengingat biasanya berat bus listrik lebih besar dibanding bus biasa, oleh karena itu bodi busnya harus dibuat lebih ringan.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Bakal Terapkan Tilang Elektronik

Bodi bus yang ringan bisa menjadi kompensasi dari beratnya bus listrik secara keseluruhan,” kata Stefan.

Saat ini karoseri Laksana sedang menyiapkan bodi bus listrik yang terbilang ringan, hanya 1,5 ton saja. Adanya bus listrik membuat karoseri merancang sebuah bodi dengan komponen yang ringan namun kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com