Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Daftar Komponen Motor Sport yang Perlu Diganti di Usia 5 Tahun

Kompas.com - 14/01/2021, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya, orang-orang memilih motor sport karena performanya. Untuk menjaga performanya tetap prima meski usianya sudah lima tahun, ada beberapa komponen yang perlu diganti.

Usia pakai tiap komponen sepeda motor dihitung berdasarkan waktu atau jarak tempuh. Jika sudah waktunya untuk diganti, biasanya dapat dirasakan dari perubahan performa yang dihasilkan.

Baca juga: Cek Harga Motor Sport 250 cc Full Fairing Januari 2021

"Untuk motor berusia lima tahun, biasanya suku cadang yang diganti lebih kepada komponen di area mesin," ujar Wahyudin, Kepala Bengkel Daya Adicipta Motora (DAM), saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Honda Verza menjadi salah satu dari tiga sepeda motor sport yang digeber dalam Ekspedisi Nusantara Honda.Welovehonda.com-Ekspedisi Nusantara Honda Verza menjadi salah satu dari tiga sepeda motor sport yang digeber dalam Ekspedisi Nusantara Honda.

Wahyudin menambahkan, biasanya komponen yang diganti, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft dan bearing big end, seal-seal pada mesin, O-ring pada penutup oli, serta gasket atau paking.

"Bagian suspensi juga perlu dilakukan pengecekan, khususnya pada bagian seal-nya. Seal yang menggunakan material karet umumnya sudah getas saat mencapai usia lima tahun. Apalagi, seal sokbreker depan yang bisa dibilang terus bekerja saat motor melaju," kata Wahyudin.

Baca juga: Daftar Harga Motor Sport 250 cc Naked Awal Tahun 2021

Menurutnya, khusus untuk motor sport, kampas kopling manual juga perlu dilakukan penggantian. Selain itu, rantai roda satu set dengan gir depan dan belakang juga biasanya sudah waktunya untuk diganti.

Untuk harganya, tiap motor sport cukup beragam. Tergantung dari merek, tipe, dan juga kapasitas mesinnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com