Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat ke Depan Doang, Alasan Klasik Orang Malas Pakai Helm

Kompas.com - 07/01/2021, 14:49 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pengendara motor tidak memakai helm masih saja terlihat di jalanan. Mereka beralasan karena jarak yang dekat, merasa akan aman-aman saja sehingga tidak mengenakan helm.

Padahal bahaya di jalanan bisa datang dari mana saja dan tidak diduga. Jika mereka terlibat kecelakaan tanpa mengenakan helm atau riding gear, tentunya risiko cedera yang dialami akan lebih parah, bahkan bisa meninggal dunia.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, alasan pengendara motor di Indonesia yang kerap menyepelekan keselamatan adalah karena kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara.

Baca juga: Geber Mobil Listrik, Baterai Hyundai Ioniq Wagub Jabar Sisa 3 Persen

Video viral seorang personil Satlantas Bener Meriah, Aceh menghadapi perempuan yang marah ketika ditegur karena tidak mengenakan helm, Rabu (25/11/2020).Dok. ISTIMEWA Video viral seorang personil Satlantas Bener Meriah, Aceh menghadapi perempuan yang marah ketika ditegur karena tidak mengenakan helm, Rabu (25/11/2020).

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Agus mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran pengendara ini bisa dilakukan dengan pendidikan keselamatan berkendara saat usia dini dan dilakukan di sekolah. Dengan ini, harapannya semua orang mempunyai kesadaran mengendarai motor yang aman.

“Jika dilakukan sejak dini, proses belajar akan mudah diterima dan diingat, apalagi jika belum memiliki kemampuan berkendara. Berbeda dengan yang sudah bisa mengendarai motor, terkadang agak ngeyel, apalagi kalau belum punya pengalaman kecelakaan,” ucapnya.

Baca juga: Cuci Gudang, Diskon MPV Murah Tembus Rp 70 Juta di Awal 2021

Agus mengatakan, kalau di Honda, edukasi safety riding sudah mulai dilakukan sejak TK. Mereka diberikan edukasi rambu-rambu dan cara menyeberang jalan serta berboncengan.

“Jadi ketika mau naik motor, harapannya anak TK tadi meminta ke orang tuanya untuk dipakaikan helm,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com