Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Mengaku Lebih Tenang Balapan Bersama LCR Honda

Kompas.com - 15/12/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez dipastikan akan memperkuat tim LCR Honda Idemitsu pada musim MotoGP 2021 mendatang, setelah dirinya terdepak dari Repsol Honda.

Untuk diketahui, Alex Marquez direkrut Honda Racing Corporation (HRC) pada penghujung Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Alih-alih ditempatkan di tim satelit LCR Honda, dia justru langsung mendapat tempat di Repsol Honda.

Baca juga: Ubah Ban Mobil Diameter Lebih Kecil Bisa Tingkatkan Akselerasi?

Pada seri-seri awal MotoGP 2020, Alex Marquez menunjukan perfoma yang kurang memuaskan. Namun, dirinya tidak menyerah dan perlahan-lahan mulai bangkit hingga berhasil dua kali naik podium dalam tiga seri terakhir.

Usaha Alex Marquez nyatanya tidak membuat dirinya menetap di Repsol Honda, dan harus bergeser ke tim satelit di musim mendatang.

Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

“Akibat pandemi, situasi jadi lebih rumit. Para rider menandatangi kontrak begitu dini. Jadi, saat Honda ambil keputusan ini, sejak awal saya bisa maklum bahwa ini wajar-wajar saja. Yang terpenting kontak saya tidak berubah, tetap sama seperti yang saya dapat di tim pabrikan," ujar Marquez dikutip dari crash, Senin (14/12/2020).

Perpindahan dirinya ke LCR Honda diyakini tidak memberi pengaruh besar. Sebab, dirinya tetap mendapatkan motor RC213V dengan spek terbaru dan tetap terikat kontrak dengan Honda.

Baca juga: Bagian Bumper Mobil Cenderung Lebih Kusam dibanding Bodi

"Perpindahan ini bukanlah sebuah kemunduran. Ini perpindahan untuk mendapat lebih banyak pengalaman. Jadi, saya senang dan tak sabar bekerja dengan LCR. Saya akan dapat crew chief Christophe 'Beefy' Bourguignon, yang sangat berpengalaman. Semua orang di Honda memujinya," ungkap Marquez.

"Saya sudah kenal semua orang LCR, kami bertemu di Portimao, tapi sudah sejak lama saya kenal semuanya. Saya juga sempat menghabiskan waktu dengan salah satu mekanik yang tinggal 10 menit dari rumah saya. Saya tak sabar membela tim yang suasananya lebih tenang dan tekanannya tak terlalu besar," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com