Menyelisik Fitur Motor Sultan BMW R18

Kompas.com - 24/11/2020, 15:41 WIB
BMW R18 First Edition KOMPAS.com/GilangBMW R18 First Edition
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Motor cruiser asal Jerman, BMW R18, resmi meluncur di Indonesia. Untuk batch pertama disebut ''First Edition" dengan pemakaian aksen krom yang lebih banyak.

Meski tampilannya klasik, tapi motor ini dibekali fitur terkini agar adaptif sesuai kebutuhan zaman. Secara garis besar, BMW ingin melestarikan nilai historis dari BMW R5 tahun 1936.

BMW R18 First EditionKOMPAS.com/Gilang BMW R18 First Edition

Beberapa detail BMW R5 pun coba dipertahankan. Fokusnya ialah lima karakteristik yang ada, yaitu rangka double-loop, tangki tear-drop, gardan yang terlihat, cat hitam, dan mesin boxer.

Fitur zaman milenial yaitu sudah menggunakan Smart Key System (SKS) atau keyless. Meski begitu, masih disediakan anak kunci, tapi khusus untuk membuka tangki bensin.

BMW R18 First EditionKOMPAS.com/Gilang BMW R18 First Edition

Semua penerangan sudah LED, baik lampu depan belakang maupun sein. Menariknya, lampu belakang atau lampu stop menyatu dengan sein. Jadi sekilas motor ini tidak punya lampu stop.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Motor Sultan BMW R18 Meluncur di Indonesia, Harganya Nyaris Rp 1 Miliar

Panel instrumen dibuat sederhana pakai model bulat. Di dalamnya tersedia berbagai informasi buat pengendara. Desainnya menarik menggabungkan elemen digital dan analog.

BMW R18 First EditionKOMPAS.com/Gilang BMW R18 First Edition

Untuk gaya berkendara, posisi kaki BMW R18 berada di bagian tengah karena ada mesin. Sedikit membedakannya dengan cruiser lain, tapi diklaim membuat kaki lebih santai.

BMW R18 mengusung mesin 'Big Boxer' berkapasitas 1.802cc, yang merupakan mesin boxer terbesar BMW saat ini. Mesinnya masih berpendingin udara, tapi sudah dibekali pendingin oli.

Konfigurasi mesin dua silinder itu menghasilkan 91 tk pada 4.750 rpm dan torsi 157 Nm pada 2.000-4.000 rpm. Mesinnya menggunakan empat katup dengan camshafts overhead ganda di setiap silinder.

BMW R18 First EditionKOMPAS.com/Gilang BMW R18 First Edition

Pengantar daya menggunakan kopling kering single-disc dengan girboks manual enam percepatan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.