Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Bikin Kabin Mobil Segar Kembali

Kompas.com - 12/11/2020, 19:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlama-lama di kabin mobil buat sebagian orang sudah menjadi menu sehari-hari, terutama bagi kaum urban. Masalahnya, kadang kenyamanan berkurang karena ada bau yang kurang sedap.

Bisa saja timbul aroma tidak sedap seperti bau apak, sisa makanan basi, sampai kadang tercium bau bensin yang cukup menyengat.

“Terutama saat musim hujan seperti ini, kadang karpet basah sisa kaki yang terkena hujan bisa memicu bau apak,” ujar Owner Vertue Concept Edy belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Hingga Oktober, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

Wangi-wangian atau parfum mobil memang dinilai cukup efektif, tapi saat aromanya habis, maka kembali muncul bau semula. Edy menyarankan beberapa hal berikut untuk menghilangkan bau tak sedap pada kabin yang lebih alami.

Aksesori karpet mobilMakko Group Aksesori karpet mobil

1. Cuci karpet atau pelapis pada bagasi. Lalu, lakukan hal yang sama untuk karpet interior. Biasanya sumber bau paling besar ada di bagian ini. Setelah di cuci, jangan lupa untuk keringkan sampai tuntas.

2. Buka kaca (sedikit) semalaman. Sedikit membantu sirkulasi udara dengan yang baru. Tapi tetap cari sumber utama yang terus menyebarkan bau tidak sedap. Lakukan ini di garasi yang aman dari hujan.

Baca juga: Upaya Korlantas Polri Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

3. Jika jok dilapisi bahan fabric, cuci atau bersihkan dengan sabun yang memiliki ph rendah seperti sabun bayi. Jangan lupa dikeringkan.

4. Kopi. Merupakan cara tradisional yang banyak di pakai. Kopi bubuk diletakan pada sudut kabin dan didiamkan semalam. Tak harus kopi mahal

Untuk catatan, tidak semua karpet bisa dilakukan hal yang sama. Cari yang paling sesuai, kalau bau masih bandel, bawa ke salon mobil untuk dilakukan perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com