Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa di Kedubes Perancis, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Kompas.com - 04/11/2020, 16:56 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jakarta Pusat terkait adanya aksi unjuk rasa di sekitar gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat (Jakpus).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo meminta supaya masyarakat tidak melewati Jalan Sekitar Sudirman-Thamrin.

Rekayasa lalin ini sendiri dilakukan agar masyarakat dan pengendara lain yang tidak ikut aksi tetap bisa leluasa menjalankan aktivitas mereka masing-masing tanpa terganggu.

Baca juga: Mulai Berbayar, Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Punya Area Parkir Darurat

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

“Demo hari ini sendiri diketahui dilakukan oleh Aliansi Ormas Muslim Indonesia di sekitar Gedung Kedutaan Besar Prancis,” kata Sambodo melalui keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

Sambodo menyampaikan bahwa pengalihan arus lalu lintas masih bersifat situasional. Apabila kondisi di lapangan mengharuskan untuk diterapkan, maka berbagai ruas jalan bakal ditutup.

“Untuk saat ini polisi telah melakukan pengalihan arus lalu lintas Jalan Thamrin dari utara ke selatan dan di Simpang Sarinah dialihkan ke Wahid Hasyim,” jelasnya.

Berikut situasional rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan pihak kepolisian:

Baca juga: Paling Sering Dilupakan, Menjaga Jarak Aman Pengendara Motor

Massa dari berbagai ormas berunjuk rasa di depan gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020). Mereka memprotes sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Massa dari berbagai ormas berunjuk rasa di depan gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020). Mereka memprotes sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam.

1. Arus lalu lintas di Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran Raya III ditutup

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Patung Kuda dibelokkan ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis ke Jalan Budi Kemuliaan diteruskan ke Jalan Abdul Muis

6. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum ditutup

7. Arus lalu lintas dari Jalan Suryopranoto ke arah Jalan Juanda dan Jalan Majapahit dibelokkan ke Jalan Gajah Mada, arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda

8. Arus lalu lintas dari Jalan Katedral menuju Jalan Veteran Raya dibelokkan ke kanan ke Jalan Pos

9. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju arah Harmoni ditutup dan dibelokkan ke Jalan Tanah Abang II

10. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju ke arah Bundaran HI ditutup dan dibelokkan ke Jalan KH Wahid Hasyim, arus lalu lintas dari Jalan KH Wahid Hasyim menuju Bundaran HI ditutup dan diluruskan ke Jalan LH Wahid Hasyim

11. Arus lalu lintas dari Jalan KH Wahid Hasyim dari arah Tanah Abang dibelokkan ke Jalan MH Thamrin kemudian dibelokkan ke kanan dan ke kiri ke Jalan Kebon Sirih

12. Arus lalu lintas dari Jalan H Agus Salim menuju Jalan Sunda ditutup dan diluruskan ke Jalan H Agus Salim arah Sabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com