Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tingkat Terbaru Ramaikan Transjawa, PO Laju Prima dan Murni Jaya

Kompas.com - 03/11/2020, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana asal Ungaran akhirnya resmi merilis dua bus Double Decker milik PO Laju Prima dan PO Murni Jaya. Secara desain, dua bus ini memiliki kelir yang sama, namun sasis yang digunakan keduanya berbeda.

PO Laju Prima menggunakan sasis Volvo B11R yang memiliki tenaga 430 TK dan torsi 1970 Nm. Sedangkan milik PO Murni Jaya menggunakan sasis Mercedes Benz OH 2542 dengan tenaga 422 TK dan torsi 1.900 Nm.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, untuk spesifikasi kabinnya, kedua bus yang memakai bodi Legacy SR2 Double Decker ini sama, memang hanya pilihan sasisnya saja yang berbeda.

Baca juga: Rawan Ditabrak, Bahu Jalan Tol Bukan Tempat Aman Berhenti

 

Kabin bawah hanya diisi delapan kursi dengan fasilitas leg rest. Sedangkan di atas, kursinya hanya dilengkapi dengan foot rest. Kabin di bawahnya pun ada permintaan kostumer yang berbeda dari biasanya.

“Di depan kabin dek bawah, tepat di belakang pengemudi ada kotak ECU yang di atasnya dijadikan tempat untuk menyimpan barang dan tempat tidur sopir,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Hal ini unik, mengingat biasanya tempat tidur sopir berada di belakang kursi penumpang. Sedangkan permintaan dari kostumer, meminta tempat tidur sopir ada di dek bawah, di belakang kursi pengemudi.

Baca juga: Motor Sport 150 cc Harga di Bawah Rp 10 Juta, Ini Pilihannya

Kabin bus tingkatKaroseri Laksana Kabin bus tingkat

Biasanya ruang di atas roda depan bus tingkat, dijadikan kelas khusus dengan sleeper seat. Misalnya yang biasa ditemui di bus tingkat milik PO Rosalia Indah dan Harapan Jaya.

Ketika ditanyai ada berapa unit milik PO dari Hiba Group ini, Werry mengatakan kalau masih ada lagi unit yang sedang dibuat. Bisa jadi totalnya ada empat unit bus tingkat, dan ada kemungkinan bisa bertambah.

Dengan hadirnya bus tingkat milik PO Laju Prima dan Murni Jaya, akan semakin meramaikan armada double decker di tol Transjawa.

Sebelumnya ada beberapa PO yang sudah memakai armada bus tingkat di Transjawa, seperti Agramas, Putera Mulya, Garuda Mas, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Lorena, Karina, Rosalia Indah, Nusantara, dan Safari Dharma Raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com