Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Berkendara Saat Hujan Tak Boleh Pakai Sandal?

Kompas.com - 23/09/2020, 12:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBerkendara pada musim hujan butuh banyak persiapan. Selain membawa membawa mantel atau jas hujan, pengendara sepeda motor harus memakai alas kaki yang sesuai.

Jangan sampai demi menyelamatkan sepatu agar tidak basah, pemotor menggunakan sandal jepit atau memilih tanpa alas kaki.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menilai kebiasaan ini tidak aman. Menggunakan sandal jepit saat berkendara menyimpan potensi bahaya yang besar.

Baca juga: Honda ADV150 Punya 3 Warna Baru Plus Emblem Timbul

Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Sebab, kaki sama halnya dengan bagian tubuh yang lain. Dalam berkendara, kaki harus terlidungi dengan baik.

“Sering dilihat dan jadi kebiasaan, pemotor menyimpan sepatunya dan menggantinya dengan sandal. Lebih parah banyak yang kemudian tidak mengenakan alas kaki atau nyeker,” ucap Jusri, kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Jusri, bahaya yang mengintai kaki bisa mengalami cidera serius saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Penampakan Yamaha Aerox 155 Facelift Viral di Dunia Maya

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Selain itu, berkendara tanpa alas kaki dapat mempengaruhi pengendalian terutama saat mengoperasikan tuas transmisi dan rem belakang.

“Jangan biarkan kaki tidak terlindungi. Pengendara motor wajib mempersiapkan dan memperhatikan keselamatan dirinya juga orang lain saat berkendara di kondisi apapun,” katanya.

Jusri menambahkan, saat ini sudah banyak tersedia sepatu dari bahan karet yang anti air dan dapat digunakan saat hujan.

Ataupun aksesoris lain yang dapat melindungi sepatu agar tidak basah. Menurutnya, piranti-piranti ini lebih baik digunakan dan dimanfaatkan para pengendara, ketimbang pakai sandal atau nyeker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com