Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Datsun Tembus Rp 40 Juta, Stoknya Terbatas

Kompas.com - 17/09/2020, 12:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia memutuskan untuk menghentikan aktivitas produksi dan distribusi Datsun di Tanah Air, pada Januari 2020. Kini, diler hanya menjual mobil untuk menghabiskan stok yang ada saja.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam masa akhirnya pengiriman mobil Datsun dari pabrik ke diler hanya sekitar 226 unit dengan rincian 64 unit model GO+, 150 unit model GO, dan 12 unit model GO Live.

Datsun Cross selaku produk terbaru telah lebih dahulu dipensiunkan, tepatnya pada Agustus 2019 dengan jumlah distribusi sebanyak 223 unit.

Baca juga: Ini 7 Merek Mobil yang Sudah Hengkang dari Indonesia

Ilustrasi Bengkel Nissan yang juga melayani produk DatsunNMI Ilustrasi Bengkel Nissan yang juga melayani produk Datsun

Kini pada September 2020, stok Datsun di beberapa diler yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya rata-rata sudah habis. Hanya diler tertentu saja yang masih memasarkan mobil, tapi dengan jumlah sedikit.

"Ini tinggal menghabiskan stok saja, kalau serius nanti bisa dibantu karena di diler kami sebenarnya sudah habis. Nanti dicarikan ke diler lain," kata salah satu tenaga penjual Datsun saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Adapun potongan harga atau diskon yang diberikan diler rata-rata Rp 15 jutaan. Diskon tertinggi diberikan kepada model Cross dengan kisaran Rp 30 - 40 juta.

Baca juga: Harga Mobil Bekas yang Produsennya Sudah Tak Ada Lagi di Indonesia

Datsun Cross saat menjelajah jalanan Yogyakarta.ISTIMEWA Datsun Cross saat menjelajah jalanan Yogyakarta.

"GO dan GO+ bisa Rp 15 juta, kalau Cross untuk tipe tertentu bisa kita kasih Rp 40 juta (diskon). Tapi DP-nya 35 persen karena cukup sulit memberikan kredit di tengah pandemi," katanya lagi.

Untuk diketahui sebelum resmi pamit, terakhir Datsun GO dihargai mulai Rp 112,09 juta sampai Rp 160,49 juta. Adapun GO+ dari Rp 120,27 hingga Rp 157,91 juta.

Sedangkan Datsun Cross hanya tersedia dua varian, tipe manual Rp 161,49 juta dan tipe matik Rp 173,99 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com