Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Motorhome yang Bisa Angkut Mobil

Kompas.com - 12/09/2020, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMotorhome atau mobil rumah merupakan kendaraan besar dengan desain interior yang seperti rumah. Dengan model mobil seperti ini, pemilik bisa berwisata tanpa perlu memesan penginapan.

Karoseri asal Jerman, Vario Mobil membuat satu produknya yang dinamai Vario Perfect 1200 Platinum. Selain desain kabinnya yang mewah, motorhome ini memiliki garasi yang bisa diisi mobil sport sehingga bisa digunakan untuk mengelilingi kota tujuannya.

Dilansir dari website vario-mobil, Vario Perfect 1200 Platinum ini memiliki dimensi dengan panjang 12 meter, lebar 2,55 meter, dan tinggi 3,99 meter, dimensinya hampir mirip dengan bus-bus yang ada di Indonesia.

Baca juga: Begini Cara Memanaskan Mesin Mobil Saat PSBB, Jangan Diam di Tempat

Vario Perfect 1200 MotorhomeVARIOmobil Fahrzeugbau GmbH Vario Perfect 1200 Motorhome

Bodi motorhome ini dibangun di atas sasis Mercedes Benz Actros 2553 LLL yang memiliki GVW 26 ton. Spesifikasi mesinnya meliputi mesin diesel 12,8 liter yang menghasilkan tenaga 523 tenaga kuda.

Untuk urusan kabin, semuanya bisa dikustomisasi, mulai dari pilihan dua sampai empat tempat tidur, layout, peralatan, dan warna. Kemudian ada tiga bagian dari kabin yang bisa diperluas ke luar, membuat interior semakin luas.

Vario Mobil juga memberikan variasi dalam ukuran garasinya yang ada di bagian belakang. Untuk yang XXL bisa memuat mobil sport seperti Mercedes Benz AMG GT atau yang seukuran seperti Porsche 911.

Baca juga: Jakarta PSBB Lagi, Bagaimana Nasib Ojek dan Taksi Online?

Bus Adiputro di GIIAS 2019 Bus Adiputro di GIIAS 2019

Di Indonesia, Adiputro juga pernah membuat konsep yang serupa pada gelaran GIIAS 2019, menggunakan bodi Jetbus 3+ SDD yang dek bawahnya digunakan sebagai garasi berjalan. Saat ini bus tersebut sudah dimiliki oleh PO Pandawa 87.

Kemudian pada dek atasnya, difungsikan seperti bus pada umumnya, dengan beberapa kursi penumpang. Spesifikasi dari Jetbus 3+ SDD ini memiliki panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 4,13 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com