Salin Artikel

Bentuk Motorhome yang Bisa Angkut Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Motorhome atau mobil rumah merupakan kendaraan besar dengan desain interior yang seperti rumah. Dengan model mobil seperti ini, pemilik bisa berwisata tanpa perlu memesan penginapan.

Karoseri asal Jerman, Vario Mobil membuat satu produknya yang dinamai Vario Perfect 1200 Platinum. Selain desain kabinnya yang mewah, motorhome ini memiliki garasi yang bisa diisi mobil sport sehingga bisa digunakan untuk mengelilingi kota tujuannya.

Dilansir dari website vario-mobil, Vario Perfect 1200 Platinum ini memiliki dimensi dengan panjang 12 meter, lebar 2,55 meter, dan tinggi 3,99 meter, dimensinya hampir mirip dengan bus-bus yang ada di Indonesia.

Bodi motorhome ini dibangun di atas sasis Mercedes Benz Actros 2553 LLL yang memiliki GVW 26 ton. Spesifikasi mesinnya meliputi mesin diesel 12,8 liter yang menghasilkan tenaga 523 tenaga kuda.

Untuk urusan kabin, semuanya bisa dikustomisasi, mulai dari pilihan dua sampai empat tempat tidur, layout, peralatan, dan warna. Kemudian ada tiga bagian dari kabin yang bisa diperluas ke luar, membuat interior semakin luas.

Vario Mobil juga memberikan variasi dalam ukuran garasinya yang ada di bagian belakang. Untuk yang XXL bisa memuat mobil sport seperti Mercedes Benz AMG GT atau yang seukuran seperti Porsche 911.

Di Indonesia, Adiputro juga pernah membuat konsep yang serupa pada gelaran GIIAS 2019, menggunakan bodi Jetbus 3+ SDD yang dek bawahnya digunakan sebagai garasi berjalan. Saat ini bus tersebut sudah dimiliki oleh PO Pandawa 87.

Kemudian pada dek atasnya, difungsikan seperti bus pada umumnya, dengan beberapa kursi penumpang. Spesifikasi dari Jetbus 3+ SDD ini memiliki panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 4,13 meter.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/12/140100715/bentuk-motorhome-yang-bisa-angkut-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.