Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kendaraan Niaga Melemah, Andalkan Segmen Logistik

Kompas.com - 04/09/2020, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan niaga atau komersial di dalam negeri periode Januari-Juli 2020 mengalami perlambatan hingga 45 persen sebagai dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19.

Situasi ini terjadi seiring dengan pembatasan aktivitas industri dan bisnis, tak terkecuali pabrik perakitan.

Di samping itu, perusahaan pembiayaan juga kerap memperketat seleksi pemberian kredit untuk belanja kendaraan bermotor. Sementara, 95 persen konsumen bergantung pada leasing untuk menjalankan bisnisnya.

Baca juga: Mati Suri 20 Tahun, Toyota Starlet Hidup Lagi

Stok kendaraan niaga di pabrik HinoIstimewa Stok kendaraan niaga di pabrik Hino

"Pengusaha bus dan truk 95 persen menggunakan kredit, baik melalui leasing maupun bank. Kini, mereka hanya menerima uang muka 30-40 persen sehingga membuat kondisi pasar buruk," ujar Cheaf Operating Officer PT Hino Motor Sales Indonesia, Santiko Wardoyo belum lama ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan truk di tujuh bulan pertama tahun ini mencapai 23.367 unit. Sedangkan pada periode sama tahun lalu, agen pemegang merek berhasil mendistribusikan sebanyak 48.785 unit.

"Saat ini memang tren cukup positif (setelah anjlok pada April-Mei) tapi masih jauh dari 2019. Volume penjualan bulanan tahun lalu rata-rata berada di angka 7.200 unit, sekarang kurang lebih 4.000 unit," kata Duljatmono, Director of Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum lama ini.

Baca juga: Perlu Adanya SOP untuk Pengemudi Truk Saat Sedang Berhenti

Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk FighterKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Fuso hadirkan 9 varian baru truk Fighter

"Suatu penurunan yang sangat besar dan berat bagi bisnis otomotif, khususnya kendaraan niaga di Indonesia. Kami harap jelang new normal, tren positif bisa dipertahankan," lanjutnya.

Pada kesempatan sama, Duljatmono menyebut bahwa bisnis jasa pengantaran dan pengiriman menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan kendaraan niaga nasional selama pandemi.

Ini turut dipengaruhi oleh tren belanja online saat peride PSBB transisi yang pada akhirnya mempengaruhi lalu lintas barang industri logistik (truk komersil).

"Saat ini porsi permintaan dari sektor logistik pada truk sampai 55 persen, begitu dominan. Kita tentu akan terus berupaya supaya bisa survive dari tantangan ini dan mencari peluang bisnis sesuai perusahaan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com