Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Helm Full Face buat Balap dan Harian

Kompas.com - 26/08/2020, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Helm full face dapat melindungi kepala dan wajah lebih baik ketimbang open face. Meski demikian helm full face pun ada dua, yaitu khusus buat balap dan full face biasa.

Penggiat komunitas Belajar Helm, Ahmad M, mengatakan, tidak semua helm full face itu bisa buat balap dan juga sebaliknya. Karena itu jika tujuannya untuk harian, jangan pilih helm full face buat balap.

Baca juga: Lokasi Perpanjangan SIM yang Dapat Dispensasi sampai 31 Agustus 2020

“Tipikal helm balap itu sangat ketat di bagian kepala, dan biasanya hanya digunakan satu hingga dua jam saja. Sedangkan untuk harian dipakai dalam jangka waktu yang panjang," kata Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Masih ada helm full face yang memiliki harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu.KOMPAS.com/Gilang Masih ada helm full face yang memiliki harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu.

Ahmad mengatakan, untuk pemakaian harian lebih baik pilih helm full face biasa. Jenisnya pun berbagai macam, termasuk yang modular atau bisa dibuka sebagian, atau double visor saat cuaca terik.

"Helm full face buat balap materialnya pasti lebih bagus dari yang buat harian. Apakah bisa dipakai buat harian bisa saja. Tapi jadi kurang nyaman karena memang bukan untuk dipakai berlama-lama," katanya.

Baca juga: Cek Masa Berlaku SIM, Telat Perpanjang Harus Bikin Ulang dari Awal

Tak kalah penting kata Ahmad ialah bukan cuma spesifikasi apakah helm tersebut khusus buat balap atau harian, tapi juga kelengkapan helm. Karena sebaik-baiknya helm ialah yang dipakai dengan benar.

"Beberapa bagian yang wajib diperhatikan adalah kebersihan, kelengkapan, tali pengikat, dan pengait dalam kondisi baik dan berfungsi," kata Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com