Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenyamanan Rasa Sedan di Mazda CX-30

Kompas.com - 26/08/2020, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puas mengulik soal desain eksterior, kini giliran kami mengupas ruang kabin beserta sebagian fitur yang ditawarkan Mazda CX-30.

Meski berstatus crossover, produk terbaru dari Mazda Indonesia ini diklaim tetap menyajikan kenyamanan optimal di samping penggunaannya yang kapabel di berbagai medan jalan.

Sebab, CX-30 menggunakan pendekatan sebuah hatchback, yakni Mazda3, dibanding sport utility vehicle (SUV) yang sarat akan kegagahan dan kedinamisan.

Baca juga: Menilik Tampang Maskulin dan Modern Mazda CX-30

Interior Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Interior Mazda CX-30

Dari tampilan dasbor, hampir tidak ada celah untuk memberikan catatan khusus. Tata letaknya sederhana namun rapi, dibalut dengan sentuhan bernuansa gelap yang banyak soft touch.

Semua tombol juga diletakkan secara strategis sehingga menonjolkan kesan elegan, ditambah ada aksen krom di beberapa titiknya. Mulai dari konsol tengah, bingkai audio, kisi-kisi pendingin udara, sampai pada bagian door trim.

Tuas transmisi Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Tuas transmisi Mazda CX-30

Pengendara dimanjakan dengan posisi tempat duduk yang nyaman (material kulit premium) dan bisa diatur secara elektrik. Sedangkan pada lingkar kemudi, sudah tersedia tombol fungsi untuk pengaturan audio dan fitur cruise control.

Kesan ergonomis ditunjukan dengan kemudahan pengendara menjangkau beberapa fitur yang disediakan seperti head unit layar sentuh 7 inci, pendingin udara, sampai dual cup holder yang di konsol tengah. Pengaturan menu di layar sentuh juga terbilang sederhana, cukup memutar knop ala BMW.

Interior Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Interior Mazda CX-30

Ada pula Head-Up Display (HUD) yang memproyeksikan informasi berkendara dalam pandangan pengemudi.

Pada baris kedua, kursi yang disajikan cukup elegan dan nyaman. Jadi tidak hanya terlihat mewah, saat diduduki oleh orang dewasa material jok CX-30 amat memanjakan.

Baca juga: Kampanye Servis Mazda, Suku Cadang Dapat Diskon 40 Persen

Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Mazda CX-30

Hanya saja akomodasi di kursi penumpang terbilang tidak begitu luas. Ruang kaki dan kepala ngepas, ditambah kaca yang cukup kecil pada sisi-sisinya.

Kemudian di bagian tengah, karena ruangnya bisa digunakan sebagai arm rest dengan 2 cup holder, jadi kurang nyaman ditempati penumpang dewasa jika perjalanan jauh. Material di punggung dan bokong tidak halus.

Guna menambah hiburan dan kesan premium, mobil juga sudah disematkan sunroof. Lalu, penumpang juga tak perlu khawatir kehabisan daya gawai karena sudah tersedia power outlet di baris depan dan tengah.

Ruang bagasi Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Ruang bagasi Mazda CX-30

Prihal suara hiburan, mobil menggunakan sistem audio standar dilengkapi speaker 3-way sebanyak 8 buah speaker dengan woofer 3L yang tersemat di bagian dalam dashboard, tweater 2,5 cm di bagian kanan-kiri dashboard, serta squawkers 8 cm di atas trim depan dan belakang.

Adapun kapasitas bagasi pada CX-30 adalah 430 liter, sehingga cukup menampung kereta bayi berukuran besar dan tas jinjing. Bukaan pintu juga terbilang tidak tinggi, mencapai 1.020 mm dengan ketinggian bibir bagasi 731 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com