Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Recall Prius dan Corolla Hybrid, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 12/08/2020, 17:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota melakukan kampanye penarikan kembali buat perbaikan atau recall untuk dua sedan hibridanya di Australia, yakni Prius dan Corolla. Total yang terdampak sebanyak 5.965 unit.

Jumlah tersebut terdiri dari, 5.118 unit Corolla Hybrid lansiran 2015 hingga 2018, sementara untuk sisanya dialami olah 847 unit Toyota Prius yang diproduksi pada 2014-2015.

Melansir Caradvice, recall Prius dan Corlla Hybrid dilakukan setelah Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) menjelaskan sistem hibrida dari kedua model tersebut dapat mati sepenuhnya saat mendeteksi adanya kesalahan atau kegagalan komponen.

Baca juga: Toyota Luncurkan All New Corolla Cross

Toyota juga ikut memberikan pernyataan soal masalah tersebut dengan menjelaskan bila dalam kondisi tertentu, kesalahan pada perangkat lunak bisa membuat kendaraan kehilangan daya sepenuhnya.

Spesifikasi lengkap All New Toyota Corolla Altis 2019Stanly Spesifikasi lengkap All New Toyota Corolla Altis 2019

Hal tersebut membuat kendaraan akan seolah-olah mobil berada pada posisi transmisi netral, namun untuk komponen lainnya seperti pengendalian dan pengereman masih tetap bisa bekerja.

Lalu bagaimana dengan nasib Prius dan Corolla Hybrid yang dipasarkan di Indonesia? Karena seperti diketahui keduanya juga dipasarkan di Tanah Air yang unitnya dikirim dari Thailand.

Baca juga: [VIDEO] Perdana Jajal Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Toyota Prius Hybrid.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Toyota Prius Hybrid.

Menjawab hal tersebut, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, hanya memberikan komentar bila pihaknya sampai saat ini masih dalam pengecekan.

"Untuk recall Prius dan Corolla, saat ini kami masih dalam pengecekan lebih dulu terdampak atau tidaknya," kata Anton kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com