Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Astra Tingkatkan Penjualan Mobil Lebih dari 100 Persen

Kompas.com - 16/08/2020, 11:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Internasional telah mengumumkan hasil penjualan kendaraan pada Juli 2020. Secara umum, dibandingkan bulan sebelumnya, kenaikan penjualan diklaim mencapai lebih dari 100 persen.

Tercatat pada Juni lalu penjualan Grup Astra hanya mendapat 4.856 unit. Sementara Mei dan April, merupakan penjualan dengan angka terendah, yakni 1.102 unit dan 3.804 unit.

Berdasarkan data yang diolah dari Gaikindo, Grup Astra yang terdiri dari Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot pada Juli 2020 berhasil meraih wholesales 10.140 unit.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru

 

Gedung Astra International di Sunter, Jakarta UtaraDok Astra International Gedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara

Secara lebih rinci, kontribusi Toyota menjadi yang paling besar dengan angka 7.332 unit. Kemudian disusul Daihatsu sebanyak 1.533 unit. Sedangkan Isuzu meraih 1.166 unit, UD Trucks 71 unit, dan Peugeot sebanyak 18 unit.

“Setelah melihat pemulihan kembali pada penjualan mobil Astra dan nasional pada dua bulan terakhir, kami berharap pemulihan ini dapat tetap konsisten hingga akhir 2020,” ujar Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communication Astra, dalam keterangan tertulis (14/8/2020).

“Sehingga penjualan mobil nasional diharapkan kembali pulih dan berkontribusi pada perekonomian nasional,” ucap Boy.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

(ilustrasi) mobil-mobil yang diparkir di stock yard.TMMIN (ilustrasi) mobil-mobil yang diparkir di stock yard.

Selain Grup Astra, peningkatan penjualan mobil juga telah dirasakan merek-merek lainnya. Misalnya Mitsubishi yang meraih wholesales 4.690 unit, kemudian Honda sebanyak 2.016 unit, Suzuki 6.396 unit, dan Nissan dengan 188 unit.

Sementara itu, penjualan wholesales seluruh merek pada Juli 2020 mencapai 25.283 unit atau meningkat dari Juni sebelumnya, yakni sebanyak 12.623 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com