Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Contraflow di Cikampek Dihentikan

Kompas.com - 15/08/2020, 17:31 WIB
Sistem contraflow mulai diterapkan di Cikampek Sistem contraflow mulai diterapkan di Cikampek
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, 167.414 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur, barat, dan selatan pada H-3 libur panjang HUT ke-75 Republik Indonesia, Jumat (14/8/2020).

Volume lalu lintas pada H-3 yang meninggalkan Jakarta naik 36 persen dibandingkan dengan kondisi normal. Untuk distribusi dari ketiga arah tersebut, mayoritas sebanyak 49,79 persen menuju arah timur, 28,42 persen barat, dan sisanya 21,79 persen arah selatan.

Lalu lintas meninggalkan Jakarta untuk arah timur yakni melalui Gerbang Tol Cikampek Utama untuk menuju Tol Trans-Jawa serta Gerbang Tol Kalihurip Utama yang merupakan akses ke Cipularang.

Baca juga: Lalu Lintas Cikampek Mulai Padat, Contraflow Diberlakukan

Pada Gerbang Tol Cikampek Utama, tercatat 45.104 kendaraan meninggalkan Jakarta, atau naik 62,0 persen dari kondisi normal. Sementara itu, di Tol Kalihurip Utama mencapai 38.250 kendaraan yang meninggalkan Jakarta atau naik 49,1 persen dari kondisi normal.

Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1.Dok. Jasa Marga (Persero) Tbk Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1.

Total kendaraan dari Jakarta menuju arah timur dari kedua gerbang tol tersebut adalah 83.354 kendaraan, atau 55,8 persen dari kondisi normal.

Sementara dari arah barat menuju Gerabng Tol Cikupa via Tol Merak-Tangerang sebanyak 47.576 kendaraan, naik 18,5 persen dari kondisi normal. Untuk arah selatan atau Gerbang Tol Ciawi sebesar 36.484 kendaraan, meningkat 24,0 persen dari kondisi normal.

Untuk status kondisi lalu lintas saat ini di Tol Jakarta-Cikampek diklaim sudah ramai lancar. Rekayasa lalu lintas contraflow dari Km 53 sampai Km 61 sudah dihentikan sejak pukul 14.17 WIB.

Baca juga: Libur Panjang, Jasa Marga Prediksi Ada Dua Puncak Arus Mudik

Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jasa Marga mengimbau kepada semua pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam kondisi prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan dan kepadatan di rest area.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X