Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Hand Guard, Aksesoris Pemanis Motor Seperti Motor MotoGP

Kompas.com - 26/07/2020, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu aksesoris yang bisa meningkatkan penampilan motor seperti motor balap yaitu dengan memasang hand guard. Awalnya MotoGP mulai memasang hand guard untuk melindungi tuas rem depan.

Sebelum dipasangnya hand guard, pernah terjadi kecelakaan yang cukup parah karena tuas rem depan terkena dengan pebalap lain. Semenjak peristiwa itu, hand guard mulai digunakan pada motor balap.

Memasang hand guard ini pada motor sehari-hari memang hanya sebagai aksesoris pemanis saja. Karena di jalan raya, para pengendara tidak saling berdekatan sehingga tuas rem kecil kemungkinannya untuk tersenggol motor lain.

Baca juga: Cerita Marquez Setelah Operasi Hingga Batal Balapan di GP Andalusia

hand guardKompas.com/Fathan hand guard

Bagi yang ingin memasang, hand guard bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 1 juta. Bahannya pun beragam, mulai dari plastik hingga dilapis bahan serat karbon. Seperti yang dikatakan Danny, pemilik bengkel Danne Motor di Bogor.

“Ada merek berbahan CNC yang dilapis karbon dan tidak. Harganya mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000 sepasang,” kata Danny kepada Kompas.com, Minggu (26/7/2020).

Kemudian, memilih hand guard motor juga harus memperhatikan bahannya. Jangan sampai penggunaan aksesoris malah membahayakan diri pengendara karena memakai bahan yang kurang baik.

Baca juga: Jangan Ganti Oli Motor dalam Kondisi Mesin Panas, Ini Alasannya

“Disarankan untuk memakai hand guard yang kuat namun bisa patah ketika jatuh. Karena kalau tidak patah, malah bisa berbahaya untuk jari rider jika terjepit,” kata Setyo Suyarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road kepada Kompas.com.

Untuk pemasangannya sendiri, Setyo mengatakan untuk melindungi tuas kopling di sisi kiri, sebenarnya tidak perlu pakai hand guard. Jadi cukup melindungi tuas rem depan saja yang ada di sisi kanan setang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com