Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Ban Mobil dengan Speed Symbol Lebih Tinggi, Apa Efeknya?

Kompas.com - 26/07/2020, 16:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBan mobil merupakan komponen penunjang keselamatan dari kendaraan. Mengganti ban juga sebaiknya segera dilakukan saat sudah menyentuh batas Tread Wear Indicator (TWI).

Kemudian pada spesifikasi ban, ada speed symbol yang dinyatakan dalam huruf di dindingnya. Setiap simbol memiliki batas kecepatannya masing-masing. Misalnya huruf H memiliki kemampuan sampai 210 kpj.

Lalu bagaimana jika membeli ban dengan speed symbol yang lebih tinggi? Apakah Perlu?

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai, Sebaiknya Aki Dicabut atau Tidak?

Daftar load index dan speed index ban.Kompasiana Daftar load index dan speed index ban.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal mengatakan, jika mengganti ban dengan speed symbol yang lebih tinggi, pemilik kendaraan bisa mendapatkan berbagai manfaat.

“Biasanya ban dengan speed symbol lebih tinggi memiliki performa yang lebih baik. Misalnya kemampuan handling dan stabilitas yang meningkat,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Namun harga dari ban dengan speed index lebih tinggi memang diatas ban yang biasa. Jika untuk pemakaian biasa, bisa gunakan yang sesuai dengan standarnya. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya lebih mahal untuk membeli ban.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Andalusia, Quartararo Terdepan, Marquez Batal Balap

Zulpata mengatakan, mengganti ban dengan spesifikasi lebih tinggi diperbolehkan, yang penting tidak kemahalan. Misalnya dengan spesifikasi dan ukuran yang sama, kenapa harus membayar lebih mahal hanya karena merek.

“Pengemudi juga harus mengetahui spesifikasi dari bannya. Agar ketika nanti membeli yang baru, tidak asal pilih dan pakai ban. Sehingga tidak membeli ban kemahalan,” ucap Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com