Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leasing Masih Tolak DP Rendah untuk Kredit Mobil

Kompas.com - 15/06/2020, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menuju situasi new normal, down payment (DP) kredit mobil mulai kembali normal. Jika pada awal pandemi Covid-19 sekitar April-Mei 2020 bisa mencapai 50 persen, kini menjadi 25 persen.

Hanya saja, salah satu tenaga penjual Toyota menyebut, jika mengajukan kredit dengan DP 25 persen aplikasi itu masih sering ditolak leasing. Ibaratnya, DP 25 persen ini seperti DP 20 persen di zaman dulu.

Baca juga: Beli Avanza Dapat Diskon Cicilan 50 Persen, DP Rp 50 Jutaan

"Tapi ibaratnya 25 persen itu yang paling bawah, masih susah di approve sama leasing. Leasing 25 persen juga kadang-kadang aja diterima. Jadi masih ribet," kata sales Toyota kepada Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki Ignis facelift

Meski demikian, tenaga penjual tersebut mengatakan, meski DP masih lumayan tinggi setidaknya tidak seperti awal pandemi yang mencapai 50 persen, membuat pergerakan penjualan sangat sulit.

"Kalau sebelumnya kan bisa 50 persen. Ini sudah mending, tapi ya itu kalau 25 persen masih bisa ditolak. Soalnya leasing kan juga mesti menjaga juga," katanya.

Baca juga: Bukan Halangi Penjualan, Ini Alasan Leasing Naikkan DP Kendaraan Baru

Senada dengan sales Toyota, tenaga penjual mobil Honda wilayah Tangerang Selatan, juga mengatakan pada masa transisi PSBB menuju new normal DP mobil sudah mulai turun tak seperti sebelumnya.

"Sudah mulai turun sih dibanding pas awal-awal pandemi. Cuma buat DP yang rendah-rendah masih sedikit sulit. Lebih baik kalau mau ambil mobil tinggikan sedikit DP-nya," kata sales Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com