Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Aksesori, Pahami Fungsi Penting Talang Air Mobil

Kompas.com - 11/06/2020, 11:52 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan pemilik mobil memasang aksesori door visor atau biasa disebut talang air di bagian atas luar pintu. Namun, tak semua paham akan fungsi dari aksesori tersebut.

Banyak yang mengira fungsinya hanya sebagai talang air biasa. Tapi, jika ditelusuri lebih jauh, fungsinya cukul vital. Khususnya, pada saat kendaraam digunakan di musim hujan.

Baca juga: Waspada, Efek Air Hujan Terhadap Kaki-kaki Mobil

Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, mengatakan, talang air mampu mencegah air masuk ke dalam kabin. Sehingga, berbagai tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga dan tidak mengalami korsleting.

Kegunaan talang air di mobilhondapartsdeals.com Kegunaan talang air di mobil

Indah menambahkan, talang air juga mampu meredam suara bising jalanan. Sehingga, menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Sebab, talang air bisa mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

"Kisaran harganya juga tidak terlalu mahal, dan dari segi pemakaian tidak dibutuhkan perawatan khusus. Ini juga bisa memberikan nilai lebih pada tampilan eksterior mobil," kata Indah, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk kisaran harganya, cukup bervariasi, tergantung dari model dan kualitasnya. Rata-rata dibanderol mulai Rp 250.000 hingga jutaan rupiah.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Air Hujan buat Mobil

Didi Ahadi, Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, ada hal yang perlu diingat sebelum memasang talang air. Pemasangannya sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau yang berpengalaman.

"Sebab walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi ini di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com