Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Pengaman Unik pada Transmisi AM/T Renault Climber

Kompas.com - 21/05/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) meluncurkan New Renault Climber pada hari Rabu (20/5/2020). New Renault Climber menggunakan mesin 1.000 cc dengan transmisi Automated Manual Transmision atau AM/T.

Sejak generasi sebelumnya, Renault Climber menggunakan transmisi AM/T yang cukup unik bentuknya. Jika biasanya berupa tuas, pada Renault Climber menggunakan knop putar untuk memilih maju (D), mundur (R), atau netral (N).

Lalu bagaimana jika sedang berjalan, ada yang iseng memutar knop tersebut, apa yang akan terjadi?

Baca juga: Seiring PSBB, Polri Perpanjang Pelaksanaan Operasi Ketupat 2020

Knop putar renault climberoto.com Knop putar renault climber

Sabung, After Sales Director PT MRI, mengatakan, sudah ada fitur keamanan untuk mencegah pergantian gigi ketika knop tidak sengaja diputar saat mobil sedang berjalan.

“Ketika berjalan pada kecepatan tertentu, saat knop tersebut diputar, secara sistem, dia tidak akan mengirim pesan tersebut kepada transmisi, sehingga tidak ada perubahan apa-apa,” kata Sabung saat peluncuran online Renault Climber.

Pengaman ini juga dikatakan oleh Davy J Tuilan, COO PT MRI, sudah pernah dicoba langsung ketika tes jalan dengan Renault Climber. Ketika berjalan dan knop diputar dari posisi D, ada pengamannya, jadi tidak pengaruh apa-apa.

Baca juga: Ingat Lagi, Bahaya Dua Kaki saat Mengemudikan Mobil Matik

Selain fitur keamanan tadi, ada fitur lainnya yang berkaitan dengan knop putar yang dimiliki Renault Climber. Sabung menjelaskan, ketika mobil mesin mobil menyala dalam posisi diam dan pintu pengemudi terbuka, ketika memutar knop ke D, mobil tidak akan berjalan.

“Ketika pintu pengemudi masih terbuka tapi knop diputar ke posisi D, gigi akan tetap netral, jadi tidak akan jalan. Tutup dulu semua pintu, putar ke D, baru dia bisa jalan. Jadi sistem keamanannya sudah cukup advance,” ucap Sabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com