Sering Bersihkan Kabin Mobil Bisa Cegah Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 21/05/2020, 07:12 WIB
Merawat kabin mobil Stanly/OtomaniaMerawat kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) diberlakukan selama beberapa pekan, Indonesia akan memasuki tahap " New Normal". Dalam fase ini, kegiatan melakukan protokol kesehatan harus ditingkatkan dan menjadi kebiasaan.

Pandemi Covid-19 atau virus corona di Indonesia sangat merugikan semua kalangan. Untuk mencegah penyebaran virus ini hingga di kabin mobil, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan udaranya.

Baca juga: Jelang New Normal, Latih Kebiasaan Ini Setelah Berkendara

Sirkulasi udara kabin mobil bisa dijaga kebersihannya dengan mengandalkan saringan udara pada kabin alias filter AC. Sistem pendingin yang bersih akan membuat kebersihan udara di dalam kabin tetap terjaga.

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Kepala Bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan, asap rokok dan partikel debu dari luar dapat memperpendek usia filter AC. Akibatnya, sirkulasi udara tidak sehat karena filter AC tidak dapat menyaring kotoran dengan maksimal.

“Merokok dalam kabin membuat filter AC bekerja lebih keras. Selain itu, membuka kaca sewaktu berkendara juga bikin kabin mobil bakal lebih kotor,” ujar Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kelvin menambahkan, partikel debu lebih mudah tersedot ke filter, kalau dibiarkan malah bisa merusak evaporator, hingga kondensor dan blower. Makanya, filter AC sebaiknya diganti secara rutin.

Baca juga: Bagaimana Aturan Berkendara Saat Penerapan New Normal Dimulai?

Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa di Bintaro, Jakarta Selatan, mengatakan, debu dan sampah yang berada di kabin turut membuat sirkulasi udara jadi kotor. Untuk itu, disarankan pemilik mobil untuk membuang sampah yang ada di dalam mobil dan membersihkannya dengan teratur.

“Selain menjaga kebersihan interior, pemilik mobil bisa menggunakan air purifier yang banyak dijual di marketplace,” kata Yoga.

Yoga menambahkan, air purifier berfungsi untuk memurnikan udara dengan cara mengeluarkan partikel nano yang dapat membunuh virus atau bakteri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X