Ini Tanda Motor Sudah Tua dan Sakit-sakitan

Kompas.com - 15/05/2020, 20:21 WIB
Suzuki Satria 120 LSCM (Hiu) salah satu motor hasil restorasi Tian NK istimewaSuzuki Satria 120 LSCM (Hiu) salah satu motor hasil restorasi Tian NK

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri, rajin melakukan perawatan terhadap kendaraan menjadi salah satu penentu usia pakai. Ketika perawatan sudah jarang dilakukan, akan ada berbagai tanda yang dikeluarkan kendaraan tersebut.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, beberapa tanda yang sering ditemui adalah gas buang motor yang sudah tidak wajar (knalpot mengeluarkan asap putih) dan timbulnya bunyi aneh.

Asap putih pada knalpot bisa disebabkan banyak macam. Namun, jika volume asap tersebut sangat banyak dan berlangsung terus-menerus, bisa dipastikan ada yang bermasalah di silinder motor.

Baca juga: Lorenzo Kecewa Tak Jadi Balapan, Nasib Musim Depan Masih Dipertanyakan

“Perawatan yang jarang dilakukan, yakni pergantian saringan udara motor tidak teratur atau bahkan belum diganti sama sekali, mengakibatkan kotoran masuk ruang bakar. Hal ini mengakibatkan keausan di silinder,” ujar Endro.

Ganti Oli MotorFoto: Rideapart Ganti Oli Motor

Endro melajutkan, pergantian oli yang tidak diperhatikan juga berkontribusi atas masalah tersebut. Bahkan, bisa menyebar ke komponen lainnya.

“Kalau tidak memperhatikan periode pergantian oli, volume oli yang ada di mesin berkurang. Akibatnya, akan cepat timbul keausan dalam mesin. Maka timbul asap itu tadi dan suara-suara berisik lainnya,” katanya.

Baca juga: Generasi Baru BMW X6 Resmi Meluncur di Indonesia

Kondisi tersebut yang disertai brebet atau akselerasi lemot, menandakan saringan bahan bakar juga turut bermasalah.

“Jika hal ini dibiarkan, oli akan terbakar habis sehingga ausnya semakin banyak dan menyebar ke semua komponen. Pada kondisi terburuk, bisa turun mesin,” lanjut Endro.

Bagi pengendara yang menemukan gejala tadi, disarankan untuk segera melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Jangan sampai telat, karena akan mempengaruhi besarnya biaya perbaikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X