Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tanda Motor Sudah Tua dan Sakit-sakitan

Kompas.com - 15/05/2020, 20:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri, rajin melakukan perawatan terhadap kendaraan menjadi salah satu penentu usia pakai. Ketika perawatan sudah jarang dilakukan, akan ada berbagai tanda yang dikeluarkan kendaraan tersebut.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, beberapa tanda yang sering ditemui adalah gas buang motor yang sudah tidak wajar (knalpot mengeluarkan asap putih) dan timbulnya bunyi aneh.

Asap putih pada knalpot bisa disebabkan banyak macam. Namun, jika volume asap tersebut sangat banyak dan berlangsung terus-menerus, bisa dipastikan ada yang bermasalah di silinder motor.

Baca juga: Lorenzo Kecewa Tak Jadi Balapan, Nasib Musim Depan Masih Dipertanyakan

“Perawatan yang jarang dilakukan, yakni pergantian saringan udara motor tidak teratur atau bahkan belum diganti sama sekali, mengakibatkan kotoran masuk ruang bakar. Hal ini mengakibatkan keausan di silinder,” ujar Endro.

Ganti Oli MotorFoto: Rideapart Ganti Oli Motor

Endro melajutkan, pergantian oli yang tidak diperhatikan juga berkontribusi atas masalah tersebut. Bahkan, bisa menyebar ke komponen lainnya.

“Kalau tidak memperhatikan periode pergantian oli, volume oli yang ada di mesin berkurang. Akibatnya, akan cepat timbul keausan dalam mesin. Maka timbul asap itu tadi dan suara-suara berisik lainnya,” katanya.

Baca juga: Generasi Baru BMW X6 Resmi Meluncur di Indonesia

Kondisi tersebut yang disertai brebet atau akselerasi lemot, menandakan saringan bahan bakar juga turut bermasalah.

“Jika hal ini dibiarkan, oli akan terbakar habis sehingga ausnya semakin banyak dan menyebar ke semua komponen. Pada kondisi terburuk, bisa turun mesin,” lanjut Endro.

Bagi pengendara yang menemukan gejala tadi, disarankan untuk segera melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Jangan sampai telat, karena akan mempengaruhi besarnya biaya perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com