Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Material Mur dan Baut Motor yang Berkualitas

Kompas.com - 15/05/2020, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengertian modifikasi sangat luas. Bahkan mengganti komponen kecil pun seperti memakai mur dan baut aftermarket termasuk bagian modifikasi.

Meski terlihat sepele, Didit Adityawan, builder Newspeed Garage, mengatakan ada baiknya tidak sembarangan mengganti punya aksesori. Kenali material yang dipakai mur dan baut tersebut.

Baca juga: Mulai Rp 2 Jutaan, Ini Daftar Harga Motor Bebek Bekas di Bursa Lelang

"Material besi atau baja tentu yang paling kuat, tapi rentan karat. Aluminium sangat ringan, tapi umumnya kualitasnya rendah. Material duralium atau duralumin ini adalah aluminium yang lebih kuat," ujar Didit, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baut motor aksesori Baut motor aksesori

Selain material yang digunakan, mur dan baut harus bisa mengikat dengan kuat komponen-komponen dari motor, baik komponen yang ada di mesin maupun yang menempel di rangka.

"Kemampuan mengunci ulirnya harus baik. Selain itu, bagian ulir atau dratnya tidak mudah rusak atau slek. Sebaiknya, pilih juga baut dan mur yang mudah dibongkar pasang," kata Didit.

Baca juga: Siapa Konsumen Motor Perang Rusia Ural Motorcycles

Terakhir, hal yang harus diperhatikan tentu adalah estetikanya alias pemilihan warna dan modelnya. Sesuaikan model dan warnanya dengan sepeda motor Anda.

"Tapi yang terakhir ini masalah selera, ada yang suka pakai baut warna-warni agar motornya jadi lebih berwrna. Ada juga yang netrla. Tapi intinya sama untuk meningkatkan penampilan motor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com