Resmi, Tidak Ada Pameran Otomotif IIMS pada 2020

Kompas.com - 15/05/2020, 12:23 WIB
Selama 9 hari, Telkomsel IIMS 2019 berhasil menarik 425.211 pengunjung KOMPAS.com/GilangSelama 9 hari, Telkomsel IIMS 2019 berhasil menarik 425.211 pengunjung
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) ikut serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Setelah sebelumnya mengatakan akan ditunda, tetapi dengan mencermati dinamika pandemi Covid-19 hari demi hari, dan prediksi resmi dari pemerintah mengenai kapan wabah tersebut akan berakhir, dengan pertimbangan jernih dan bijaksana, Dyandra menyatakan bahwa pergelaran IIMS tidak akan berlangsung pada 2020 ini.

"Keputusan tidak terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis. Langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak, utamanya dari sisi kesehatan sekaligus mendukung keputusan pemerintah memutus penyebaran virus Covid-19," ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, dalam keterangan resminya, Jumat (15/5/2020).

Baca juga: Penjualan Mobil di April 2020 Anjlok, Gaikindo Kecewa

Imbas Covid-19 memberikan kondisi yang cukup kritis bagi industri otomotif Tanah Air. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Januari-Maret 2020 telah terjadi penurunan 15,6 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Toyota menampilkan lini produk terlengkap di IIMS 2019TAM Toyota menampilkan lini produk terlengkap di IIMS 2019

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian juga data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang memperkirakan penjualan domestik anjlok 25-30 persen hingga akhir 2020. Hal ini makin bertambah sejak adanya penerapan PSBB pada April lalu yang membuat penjualan baik mobil dan motor makin terjun bebas.

"Kami memahami dan ikut merasakan kondisi market otomotif yang sedang melemah akibat pandemi Covid-19, sehingga tentunya fokus APM dan industri otomotif adalah efisiensi dan pemulihan market secara internal. Namun, komitmen IIMS untuk tetap mendukung program sales, marcom APM, dan aftermarket akan tetap bergema di tahun ini," kata pria yang akrab disapa Kohen itu.

Baca juga: 2 Karyawan Positif Covid-19, Toyota Jamin Keamanan Produk dan Layanan

Lebih lanjut, Kohen mengatakan, Dyandra Promosindo akan menjalankan IIMS 2021 yang jadwalnya sudah ditetapkan sejak jauh hari, yakni pada 18-28 Februari di lokasi yang sama, Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Suzuki kantungi 109 unit SPK di Telkomsel IIMS 2019Foto: Istimewa Suzuki kantungi 109 unit SPK di Telkomsel IIMS 2019

Dengan selalu mengusung semangat memajukan industri otomotif, Dyandra akan menghelat IIMS 2021 dengan wajah baru, determinasi berganda, dan konsep "new normal". Kohen menjelaskan, pihaknya berkomitmen melaksanakan IIMS tahun depan dengan semangat perayaan kreativitas, budaya, digital, dan inovasi industri otomotif.

"Kami optimistis sekaligus berharap pandemi Covid-19 segera berlalu. Kami percaya bahwa industri otomotif Indonesia akan segera bangkit dan IIMS adalah jembatan dinamis untuk membangkitkan kembali kejayaan dunia otomotif Tanah Air," ujar Kohen.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.