Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Sendiri Jarak Main Bebas Rem Belakang Motor

Kompas.com - 08/05/2020, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak perawatan atau pengaturan sepeda motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah aja. Salah satunya adalah mengatur jarak main rem belakang.

Beberapa motor masih ada yang mengandalkan rem belakang menggunakan modek tromol. Rem ini menggunakan kampas rem yang termasuk kategori fast moving dan akan habis sesuai dengan pemakaian.

 Baca juga: Cara Merawat Bodi Mobil yang Sudah Dilapisi Wax di Rumah Aja

Kampas rem yang semakin menipis akan membuat jarak main rem belakang menjadi semakin jauh. Sehingga, saat tuas rem belakang ditekan, jaraknya bisa sangat dalam.

 

Rem jenis tromol di sepeda motorAzwar Ferdian/Otomania Rem jenis tromol di sepeda motor

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, mengatur jarak main rem belakang tidak sulit untuk motor yang masih menggunakan rem tromol.

"Tinggal gunakan kunci ring ukuran 14 mm dan putar searah jarum jam sampai kita cek jarak main bebas remnya sesuai dengan keinginan kita," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Di Rumah Aja, Bisa Ganti Handgrip Motor yang Lebih Nyaman

Herman menambahkan, cara mengatur jarak main bebas rem belakang juga sudah dijelaskan di buku pedoman kepemilikan kendaraan.

Pada buku tersebut, pabrikan Honda contohnya, menganjurkan jarak main bebas pada tuas rem belakang sekitar 10 mm sampai 20 mm.

Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda keausan. Lumasi kabel rem dengan cairan pelumas untuk mencegah keausan dini atau karat. Pastikan lengan rem, pegas, dan semua pengencang dalam kondisi baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com