Di Rumah Aja, Bisa Ganti Handgrip Motor yang Lebih Nyaman

Kompas.com - 06/05/2020, 10:22 WIB
Salah satu sepeda motor display dengan handgrip aluminium yang dipajang di salah satu toko aksesori di Otista, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Minggu (11/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiSalah satu sepeda motor display dengan handgrip aluminium yang dipajang di salah satu toko aksesori di Otista, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Minggu (11/3/2018).

BOGOR, KOMPAS.comModifikasi pada motor memang tidak ada habisnya. Salah satunya yaitu mengganti pegangan gas atau handgrip. Mengganti handgrip dapat meningkatkan penampilan motor.

Selain itu, modifikasi ringan seperti mengganti handgrip pun bisa dilakukan di rumah. Sehingga ada aktivitas untuk mengisi waktu ketika bosan di rumah. Selain mudah, mengganti handgrip juga bisa meningkatkan penampilan motor.

Handgrip yang bisa dipasang ada berbagai macam, seperti terbuat dari bahan karet maupun alumunium dan warna yang beragam. Pemilik kendaraan bisa mengganti handgrip dengan warna yang disesuaikan dengan bodi motor.

Baca juga: Diskon MPV Murah Jelang Lebaran Tembus Rp 30 Juta

hamdgrip wajikKompas.com/Fathan Radityasani hamdgrip wajik

Lalu model dan bahan handgrip seperti apa yang tetap keren tetapi nyaman jika dipakai harian?

Sammy Rangkuti, pemilik dari bengkel modifikasi motor, Rangkuti Motor di Bogor, mengatakan, untuk motor yang dipakai harian, lebih enak menggunakan handgrip dengan bahan karet dengan pola wajik atau kotak-kotak.

“Selain polanya keren untuk motor modifikasi, handgrip berbahan karet tidak licin di tangan dan enggak bikin keringetan saat berkendara,” ucap Sammy kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Suzuki Tengah Siapkan Ertiga dengan Mesin Diesel Terbaru

Menggunakan handgrip dengan bahan alumunium juga tetap terlihat keren. Tampilan motor semakin terlihat garang, namun ketika bertemu jalan macet, handgrip berbahan alumunium lebih keras sehingga kurang nyaman.

Setyo Suyarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, mengatakan, handgrip dari pabrikan sebenarnya sudah cukup karena sudah diuji untuk pemakaian sehari-hari, jadi tidak perlu diganti.

Handgrip merek KTC lebih banyak dicari meski harganya tidak cukup murah. Handgrip merek KTC lebih banyak dicari meski harganya tidak cukup murah.

Namun, jika ingin ganti handgrip, cari yang bahannya tidak keras dan licin seperti dari karet, bukan alumunium. Jangan melakukan modifikasi tapi malah mengurangi fungsi dari handgrip.

“Handgrip berbahan alumunium akan terasa licin saat dipegang, selain itu kalau terjemur matahari jadi panas,” kata Setyo kepada Kompas.com.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X