Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB di Jakarta, Honda dan Toyota Ikuti Arahan Pemerintah

Kompas.com - 07/04/2020, 12:14 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menghadapi pandemi Covid-19. Berdasarkan aturan tersebut, diterapkan sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat, salah satunya peliburan tempat kerja.

Namun dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, terdapat pengecualian peliburan tempat kerja bagi kantor atau instansi tertentu yang memberikan pelayanan terkait kebutuhan dasar.

Seperti kantor pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, pelayanan kesehatan, keuangan, komunikasi, industri, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana dengan kantor agen pemegang merek (APM) hingga sejumlah jaringan diler mobil di DKI Jakarta?

Baca juga: Jangan Samakan Nyetir Mobil Sport dengan Mobil Biasa

Diler Honda Nusantara MT Haryono punya showroom terbesar di Indonesia.STANLY RAVEL Diler Honda Nusantara MT Haryono punya showroom terbesar di Indonesia.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, pihaknya sedang mengkaji isi detail dari aturan PSBB yang bakal diterapkan di Ibu Kota.

“Yang pasti kami akan mengikuti semua arahan dari pemerintah, dan kami akan selalu mengikuti kondisi dan anjuran terkini seperti apa,” ucap Billy, kepada Kompas.com (7/4/2020).

Walau demikian, ia mengatakan, sampai hari ini jaringan diler resmi Honda masih beroperasi dengan menerapkan social distancing.

Baca juga: SUV Diesel Bekas di Bawah Rp 200 Juta, Pilih Fortuner atau Pajero Sport?

Dealer Toyota, Hasjrat Abadi Manado. fe Dealer Toyota, Hasjrat Abadi Manado.

“Operasional diler dan bengkel kami masih buka melayani konsumen, namun tentunya mengikuti anjuran dari pemerintah setempat dan pusat. Hanya sebagian karyawan saja yang masuk bekerja secara bergantian,” ujar Billy.

Senada dengan hal tersebut, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pihaknya bakal mengikuti aturan yang diberlakukan pemerintah.

“PSBB sedang kami pelajari, intinya kami ikuti arahan pemerintah. Saat ini masih menunggu arahan berikutnya,” kata Anton, saat dihubungi (7/4/2020).

“Kalau TAM sendiri sudah sebagian besar WFH (Work From Home) sejak beberapa minggu lalu. Begitu juga dengan operasional diler, khususnya di wilayah yang banyak terjangkit Covid-19,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com