Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Motor Bebek Suzuki Shogun yang Terus Eksis

Kompas.com - 24/03/2020, 10:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Shogun masuk ke dalam deretan sepeda motor underbone atau bebek yang legendaris di Indonesia. Tak hanya motornya yang diterima dengan baik oleh konsumen, komunitasnya pun tergolong loyal.

Salah satu komunitas Suzuki Shogun adalah New Shogun Club (NSC) yang ada di Jakarta. Klub ini sudah berdiri sejak 10 Agustus 2002 hingga sekarang.

Baca juga: Shogun, Kisah Sukses Suzuki di Motor Bebek

Riau Ramadhan, anggota NSC, mengatakan, hampir 18 tahun komunitas ini terus eksis. Sejak didirikan hingga sekarang, jumlah anggotanya sudah mencapai ratusan orang.

Klub motor bebek New Shogun Club (NSC)Instagram @new_shogun_club_jakarta Klub motor bebek New Shogun Club (NSC)

"Wah, jumlah anggotanya sudah mencapai lebih dari 250 orang," ujar Riau, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

NSC sendiri biasanya rutin melakukan kopi darat (kopdar) di depan Patung Panahan, Senayan, tiap Sabtu malam. Namun, tidak semua pemilik Shogun masuk ke dalam NSC.

"Shogun model pertama tidak termasuk, karena sesuai nama klub, New Shogun Club. Jadi, yang tergabung mulai dari Shogun 110R sampai Shogun Axelo," kata Riau.

Baca juga: Honda Revo AT dan Yamaha Lexam, Konsep Bebek Matik yang Gagal

Riau menyebutkan, komunitas atau klub pecinta Shogun tergabung dalam suatu paguyuban yang bernama Ikatan Club Shogun Indonesia (ICSI).

"Setiap daerah ada satu komunitas Shogun yang terdaftar di ICSI. Kalau totalnya berapa banyak, saya tidak tahu pasti, yang jelas mencapai puluhan," ujar Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com