Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Punya Andil Besar dalam Memengaruhi Pembelian Mobil

Kompas.com - 06/02/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang sudah berkeluarga, kenyamanan saat berkendara menjadi hal yang paling utama. Mobil yang memiliki kabin luas, spesifikasi komplet, dan fitur keamanan yang baik, serta desain yang menarik, tentu menjadi faktor pendukung utama.

Keberadaan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini seakan menjawab kebutuhan yang diinginkan, menurut Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, berdasarkan hasil survei selama ini keputusan dalam membeli kendaraan sudah bukan didominasi oleh kaum lelaki, tetapi wanita juga turut serta ambil andil.

Baca juga: Pemerintah Legalkan Modifikasi Motor Jadul Jadi Listrik

“Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, selama 10 tahun ada pergeseran secara pengambilan keputusan pembelian kendaraan. Dulu pengambilan keputusan didominasi oleh laki-laki, namun sekarang keputusan diambil secara bersama yaitu istri dan keluarga,” ujar Donny kepada Kompas.com di Jakarta.

All New Suzuki Ertigadok.Suzuki All New Suzuki Ertiga

Baca juga: Tingkatkan Layanan, Suzuki Luncurkan Oli Baru dan Tambah Jaringan

Setelah ditelusuri lagi, alasan ini juga terjadi karena wanita saat ini sudah memiliki pemasukan sendiri. Donny menjelaskan rata-rata saat ini perempuan sudah bukan ibu rumah tangga, lebih banyak berstatus pekerja, jadi sudah bukan pendapatan dari suami saja.

Menurut Donny, pemilihan mobil jenis SUV, city car, atau hatchback bukan semata-mata karena gender tetapi memang sesuai kebutuhannya. “Maka dari itu ketika membicarakan product atribute leadership survei (PALS), sisi emosional dan fungsional harus balance sehingga bisa menangkap keinginan konsumen yang unisex,” ujar Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com