Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Motor yang Enak Dibikin Flat Track

Kompas.com - 21/01/2020, 18:08 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Balap flat track merupakan balapan tanah di sirkuit oval. Balapan ini mulai populer digelar sejak tahun lalu digaungkan oleh komunitas kustom sebagai balapan alternatif untuk bersenang-senang.

Sejalan dengan meningkatnya balapan flat track maka tren modifikasinya ikut terdongkrak. Salah satu ciri motor flat track yaitu memakai setang lebar, ban dual purpose, tangki ramping dan buntut lancip kebalikan cafe racer.

Baca juga: Siap-siap, Bulan Depan Tilang Elektronik Berlaku untuk Motor

"Sebetulnya sudah mulai populer sejak beberapa tahun lalu, tapi memang tidak masif, karena arah modifnya saya bilang kurang cocok daily use," kata Wahyu Diwa, builder Diwa Creative Studio di Depok, kepada Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Wahyu mengatakan, pada dasarnya motor yang dipakai bisa apa saja. Pun ada banyak pilihan jika ingin mengubah motor jadi bergaya flat track. Tapi setidaknya ada beberapa motor yang enak buat dijadikan bahan.

Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.

1. Yamaha RX-King

Motor jambret pada zamannya ini tidak ada matinya. Populasinya masih banyak, peminatnya makin banyak dan harga jual bekasnya terus meningkat.

Yamaha RX King bisa jadi pilihan buat bahan flat track karena mesinnya terkenal gahar di putaran bawah. Mesin 135cc 2-tak itu sangat menggoda untuk bermain tanah sambil kebut-kebutan.

Baca juga: Manfaatkan Area Ladies Parking, Ini Keuntungannya buat Perempuan

Yamaha ScorpioKOMPAS.com/Gilang Yamaha Scorpio

2. Yamaha Scorpio

Alasan pertama ialah kapasitas mesin yang cukup besar yakni 225 cc. Mesin besar artinya tenaga besar. Buat penyuka gaya flat track keuntungan bisa dipakai di jalan raya ataupun off road.

"Sasis dan bentuk dasarnya sudah asyik, tinggal potong bagian belakang dan ganti ban serta knalpot sudah langsung terlihat bentuk flat track," kata Wahyu.

Kawasaki W175 TRFoto: Yudi Maleha Kawasaki W175 TR

3. Kawasaki W175 TR

Memiliki bentuk ala scrambler jadi keuntungan tersendiri buat Kawasaki W175 TR. Tinggal modifikasi sedikit maka tampilan motor yang baru meluncur akhir tahun lalu itu langsung berubah jadi ala flat track.

"Saya sih lihatnya asik ya, kasih buntut lancip, tatakan pelat nomor depan dan sampingnya jugsa sudah ada. Tangkinya juga ramping, potongannya enak dibuat aka flat track," kata Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com