Manfaatkan Area Ladies Parking, Ini Keuntungannya buat Perempuan

Kompas.com - 21/01/2020, 15:52 WIB
Pengendara Wanita Stanly/OtomaniaPengendara Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Area parkir khusus perempuan atau ladies parking, biasa ditemui di pusat perbelanjaan. Buat pengendara perempuan, jangan ragu memanfaatkannya karena ada keuntungan dengan parkir di area khusus tersebut.

Menurut Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), sebenarnya tidak ada tujuan khusus dibuatnya ladies parking. Hal itu tergantung dengan kebijakan manajemen dan properti.

Baca juga: Ingat Lagi Fungsi Shift Lock pada Mobil Matik saat Parkir Paralel

“Secara kasat mata di sediakan ladies parking itu memang untuk mempermudah wanita yang mengendarai mobil, mereka tidak perlu susah-susah lagi mencari lahan parkir yang kosong, karena sudah disediakan khusus,” kata Rio kepad Kompas.com, Selasa (21/01/2020).

Area ladies parking ini biasanya disediakan di titik parkir yang paling dekat dengan pintu masuk. Jadi, ini sangat memudahkan perempuan untuk menuju akses ke pusat perbelanjaan atau perkantoran.

Rio menjelaskan, menyediakan lahan ladies parking sebenarnya bukan kewajiban pengelola gedung, baik dari pihak manajemen maupun properti. Hal tersebut tidak diatur oleh undang-undang, seperti Perda.

Ilustrasi pengemudi wanitaflickr.com Ilustrasi pengemudi wanita

Sehingga, tidak semua pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran memiliki area ladies parking.

“Seberapa besar lahan parking yang disediakan untuk perempuan itu tergantung dengan keputusan manajemen. Kalau operator parkir, kepentingan mereka adalah bisnis, pendapatan parkir dan pelayanan parkir,” kata Rio.

Baca juga: Bukan untuk Parkir, Ingat Fungsi dari Bahu Jalan Tol

Rio juga menambahkan untuk tarif parkir juga tidak ada perbedaan antara ladies parking dengan parkir biasa.

Selain faktor kemudahan, tersedianya ladies parking juga dapat memberikan rasa aman kepada pengemudi perempuan. Terutama mereka yang sering bepergian sendiri, akan merasa lebih aman jika memarkir mobilnya tidak jauh dari pintu masuk gedung.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X