Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Banjir Jakarta, Pasar Mobil Bekas Bakal Kembali Bergairah

Kompas.com - 09/01/2020, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua mencatat adanya penurunan performa penjualan mobil bekas selama 2019 sekitar 10 persen.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyebut, situasi ini terjadi karena berbagai faktor. Beberapa diantaranya ialah kondisi pasar, tahun politik, sampai nilai tukar rupiah.

"Meski demikian, sepertinya minggu depan akan kembali naik karena pasca-banjir kemarin. Sebab, sebagian korban akan menjual kendaraannya yang terkena banjir kemarin, lalu segera mencari penggantinya," kata dia kepada KOMPAS.com, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca juga: Harga Jual Mobil Bekas Kena Banjir, Makin Mewah Makin Anjlok

Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPVKompas.com/Setyo Adi Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV

Adapun jenis dan model mobil yang akan naik, ialah low cost green car (LCGC) ataupun Avanza Cs (low multi-purpose vehicle/LMPV).

"Sulit bila diperkirakan secara presentase kenaikannya akan seberapa besar, namun saya rasa LCGC dan Avanza Cs akan laris," ujar Herjanto.

Ia menambahkan, selama setahun kemarin mobil bekas terlaris masih berada di segmen MPV atau Low MPV. Tepat berada di bawahnya, ada mobil murah atau golongan LCGC.

"Itu dikarenakan orang yang mencari mobil bekas hanya untuk kendaraan kedua mereka, jadi tidak ingin yang mewah atau terlalu ribet. Ini juga merupakan salah satu cara kebanyakan konsumen mengakali ganjil-genap di DKI Jakarta," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com