Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Daihatsu, Suzuki, dan Honda Akibat Banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali 2020, sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Tak hanya pemukiman yang terendam, kendaran baik mobil maupun sepeda motor juga turut menjadi korban banjir, bahkan tidak sedikit ada yang hanyut terseret arus air.

Bagi pemilik mobil yang terendam banjir, jangan menunggu lama untuk segera memperbaikinya. Pasalnya, jika terlalu lama didiamkan, akan makin banyak kerusakan yang muncul, otomatis akan membuat pengeluaran makin membengkak.

Lantas berapa estimasi perbaikan mobil korban banjir di bengkel resmi. Untuk menjawab hal ini, Kompas.com sudah memiliki sedikit rincian biaya yang harus dipersiapkan bagi pemilik mobil Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Toyota.

Daihatsu

Menurut Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mobil yang terdampak banjir biasanya akan dilihat dulu kondisinya sampai mana mobil tersebut dimasuki air, bila hanya bagian bawah atau sampai dek saja, ongkosnya tidak akan terlalu mahal.

Baca juga: 3 Masalah yang Muncul Usai Mobil Terendam Banjir

Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).KOMPAS.com/Nibras Nada Nailufar Mobil yang terendam di basement Tamani Kafe, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).

"Perbaikannya sebenarnya ada dua cara, menghilangkan bekas banjir dan mengganti beberapa suku cadang yang memang perlu diganti. Paling utama itu dilihat dulu sejauh mana mobil tergenang, bila hanya dek saja paling tinggal dibersihkan," kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Untuk ongkos pembersihan dek sampai pengeringan, Daihatsu mematok kisarannya sebesar Rp 800.000. Namun demikian, Bambang menjelaskan prosesnya tidak dijamin satu hari selesai, karena tergantung dari pengeringannya sendiri.

Sementara bila banjir sampai merendam interior dan mengenai jok, untuk Xenia bisa dilakukan dalam dua cara, yakni membersihkan atau mengganti baru. Untuk pembersihan sampai pengeringan dananya sekitar Rp 1 juta, sementara untuk pengantian jok sebanyak tiga baris banderolnya bisa mencapai Rp 6 juta.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil yang Terendam Banjir

Sejumlah warga melintas di area pemukiman yang sempat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Sejumlah warga melintas di area pemukiman yang sempat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). Banjir di kawasan tersebut, merupakan banjir terparah di wilayah Bekasi.

"Untuk jok plus, kalau kendaraan bekas banjir walau masih bisa dipakai pasti ada efek negatifnya. Seperti busa yang lebih mendam (bantat), bau, dan tidak senayaman seperti awal. Tapi biasanya memang orang memilih membersihkan dibandingkan ganti baru karena mengejar fungsinya serta menekan pengeluaran yang lebih mahal," ujar Bambang.

Bila banjir merendam sampai sektor mesin, Bambang menyarankan ada beberapa pergantian penting selain dibersihkan, yakni oli mesin, oli garda, dan oli transmisi. Tapi bila ternyata air juga merendam sektor kelistrikan, terutama Electronic Control Unit (ECU), maka pemilik Xenia harus merogoh kantong hingga Rp 2,8 juta.

Suzuki

Untuk pemilik Suzuki Ertiga, biaya untuk jasa pembersihan setelah banjir juga bervariasi. Menurut Service Department Head 2W, 4W, dan Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, jasa standar pembersihan Ertiga kisaranya sebesar Rp 1,8 juta.

"Harga Rp 1,8 juta hanya untuk cleaning saja, belum PPN dan parts. Jadi harga itu sudah termasuk 23 item check untuk mesin, interior cleaning sampai bongkar dan pembersihan jok, karpet dasar, sampai dasbor. Bila plus plafon total Rp 2 juta," ujar Riecky.

Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiranKompas.com/Dio Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran

Namun, Riecky mengataka,n harga tersebut hanya estimasi sementara, karena nantinya akan disesuaikan lagi dengan kondisi nyata dari kendaraan yang terdampak banjir. Bila ternyata lebih parah dan harus sampai ada pergantian suku cadang, otomatis ongkosnya akan melambung tinggi.

Contoh bila karpet dasar yang sudah kondisi lusuh dan tidak bisa dibersihkan, harga barunya harus ditebus hingga Rp 951.000, sementara roof lining Rp 1.498.500. Sementara untuk jok, Riecky menjelaskan bila Suzuki tak menyediakan model satu set, melainkan part per part dan harganya harus dicek lebih dulu.

Baca juga: Banjir Mulai Surut, Ini Kisaran Biaya Perbaikan Mobil yang Kena Banjir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com