Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Kendaraan Bekas di Penghujung Tahun, Manfaatkan Balai Lelang

Kompas.com - 22/12/2019, 14:35 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen penghujung tahun banyak dimanfaatkan konsumen untuk mencari kendaraan baik baru atau pun bekas. Biasanya banyak promo yang ditawarkan para pelaku bisnis kendaraan.

Namun, metode yang masih belum banyak dilirik adalah mencari kendaraan bekas adalah melalui cara lelang otomotif. Poin keuntungan yang bisa didapat adalah harga yang jauh lebih murah dibanding showroom mobil bekas pada umumnya.

Salah satu balai lelang, JBA Indonesia, bahkan berani menjamin harga kendaraan yang dilelang bisa lebih murah 40 persen dibandingkan harga jual secara umum.

Baca juga: Diskon Akhir Tahun Berdampak Negatif pada Bisnis Lelang Mobil Bekas

Contohnya, Toyota Avanza seken dengan harga umum di pasaran Rp 100 juta, maka di balai lelang bisa dibuka mulai angka Rp 50 juta sampai Rp 60 juta.

Namun, pastikan kendaraan yang diincar dalam kondisi terbaik, agar tidak terjebak setelah mendapatkannya.

JBA menawarkan kendaraan yang dilelang merupakan kendaraan yang dijual langsung oleh pemilik. Selain itu kondisi kendaraan yang dilelang diinformasikan secara transparan dan lengkap. Peminat tinggal mencari kondisi kendaraan yang terbaik.

Baca juga: Siapa Berminat, Kemenkeu Lelang 10 Suzuki APV Mulai Rp 50 Jutaan

Bila masih kurang yakin, disarankan membawa orang yang mengerti teknis kendaraan. Calon peminat bisa memeriksa kondisi kendaraan secara terbuka, sebelum melakukan penawaran.

Langkah lain sebelum melakukan penawaran adalah, sebaiknya mengecek terlebih dahulu berapa harga pasaran kendaraan yang diincar. Ini diperlukan agar Anda tahu batasan harga yang didapat diajukan saat mengikuti lelang.

Selain JBA Indonesia, beberapa balai lelang lain yang sudah cukup eksis adalah Balai Lelang Serasi (IBID) Serasi Auto Raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com