Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Sudah Bisa Dilintasi Secara Gratis

Kompas.com - 14/12/2019, 19:06 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (12/12/2019) lalu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memastikan bila Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Elevated II sudah siap dibuka untuk umum mulai 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB.

Masyarakat pengguna mobil pribadi yang akan mengarah ke Bandung, Cikampek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, sudah bisa langsung melintasinya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, menyatakan bahwa jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif alias gratis.

Baca juga: Ada Tol Layang, Jokowi Harap Kemacetan Cikampek Berkurang 30 Persen

"Mulai besok pagi, pengguna jalan, khususnya yang menempuh jarak jauh, dapat mulai menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu," kata Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (14/12/2019).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Selamat sore kawan JM! Akhirnya pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu Kawan JM muncul juga! . Usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (12/12) lalu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan dibuka untuk umum mulai BESOK, 15 Desember 2019 Pukul 06.00 WIB. . Lebih menggembirakan lagi, jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif hingga libur Natal dan Tahun Baru selesai nih, Kawan JM! . Nah, untuk aksesnya sebenernya lewat mana sih? Coba ya dipahami baik-baik biar Kawan JM ga nyasar di jalan hehehe. . Untuk arah Cikampek, Kawan JM dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah. . Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, Kawan JM dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR, sementara untuk Kawan JM dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR. . Nah, untuk Kawan JM yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8. . Yuk besok ditunggu ya cerita dari Kawan JM yang sudah melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) dan jangan lupa tag kami ya! . #JasaMarga #JasaMargaConnectingIndonesia #JasaMargaGreenTollRoad #BUMNHadirUntukNegeri

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) pada 14 Des 2019 jam 2:50 PST

Heru juga mengingatkan kembali akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini. Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim atau Cawang dan masuk ke Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah.

Baca juga: Jenis Kendaraan yang Boleh Melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Sementara untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, menurut Heru bisa mengaskesnya melalui di Km 45 Jalan Tol JORR, sementara untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek memiliki beberapa fitur keselamatan untuk keadaan darurat.Kementerian PUPR Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek memiliki beberapa fitur keselamatan untuk keadaan darurat.

"Untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim atau Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8," ujar Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com