Jenis Kendaraan yang Boleh Melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 14/12/2019, 07:22 WIB
Olah TKP Kecelakaan Truk Pertamina Selesai, GT Rawamangun dan Jalan Tol Wiyoto Wiyono Kembali dibuka, Rabu (24/7/2019). DEAN PAHREVI/KOMPAS.comOlah TKP Kecelakaan Truk Pertamina Selesai, GT Rawamangun dan Jalan Tol Wiyoto Wiyono Kembali dibuka, Rabu (24/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II sudah diresmikan pada Kamis (12/12/2019) dan akan mulai dibuka untuk umum mulai Minggu (15/12/2019). Sementara ini, Tol Layang terpanjang di Indonesia ini hanya boleh dilewati oleh kendaraan Golongan I.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Cucu Mulyana, di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tanggapan Pengusaha Bus soal Tol Layang Khusus Kendaraan Pribadi

"Kemarin sudah disurvei bersama-sama, jadi akan dioperasionalkan pada 15 Desember 2019 mendatang. Tapi nanti akan ada pambatasan, hanya diperkenankan kendaraan golongan I, yaitu kendaraan kecil non-bus yang bisa melintasi," ujar Cucu.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis 12 Desember 2019Antara Foto Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis 12 Desember 2019

Cucu menambahkan, karenakan masih terdapat sambungan antara satu ruas dengan ruas lain yang perlu disempurnakan, maka sementara kendaraan yang boleh melintas pun hanya golongan I lebih dulu.

Namun demikian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan, Tol Layang Japek II juga bisa dilewati oleh kendaraan Golongan II.

Baca juga: Melanggar Batas Kecepatan di Tol Layang Kena Denda Rp 500.000

"Secara struktur sangat kuat menampung hingga kendaraan Golongan V. Tapi dari segi manajemen traffic tidak direkomendasikan. Ini karena saat akses masuk jalan tol yang menanjak, kendaraan besar akan melambat dan menimbulkan antrean," kata Basuki, beberapa waktu lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X