Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Mulai Pede dengan Motor Barunya

Kompas.com - 20/11/2019, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash

VALENCIA, KOMPAS.com - Sesi tes pra-musim langsung dimulai dua hari setelah seri terakhir MotoGP 2019 digelar. Dalam sesi tes ini, Monster Yamaha MotoGP memperkenalkan motor barunya. Motor ini berhasil membuat Valentino Rossi lebih pede menghadapi musim 2020 mendatang.

Rossi yang mulai bekerja dengan kepala mekanik yang baru, David Munoz, mengaku Yamaha M1 untuk musim 2020 cukup positif, karena catatan waktu meningkat lebih baik. Namun, perjalanan masih panjang, karena selisih top speed cukup jauh.

Baca juga: MotoGP Valencia, Valentino Rossi Tidak Yakin Podium

Seperti diketahui, permasalahan yang ada pada M1 musim 2019 ini adalah top speed-nya yang kalah dari pabrikan lain, khususnya saat berada di trek lurus.

Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia 2019. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia 2019. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Tahun lalu, Rossi dan rekan setimnya, Maverick Vinales, sudah diberikan beberapa spesifikasi mesin untuk dipilih.

"Ini sudah berubah jauh dibanding tahun lalu, karena tahun lalu kami memiliki dua atau tiga mesin untuk dipahami. Sekarang hanya satu," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net.

Menurut Rossi, cara kerja Yamaha sekarang ini jauh lebih baik. Sebab, program yang dijalankan lebih jelas.

Baca juga: Quartararo Tercepat, Rossi Mulai Kejar Marquez di FP3 MotoGP Valencia

"Motor baru ini sedikit berbeda di bagian sasis, mesin, dan elektroniknya. Ini sudah ketiga kalinya kami mencoba motor ini, tapi ini tetap masih dalam bentuk purwarupa. Jadi, mungkin tahun depan kami akan melangkah lagi," kata Rossi.

Kali ini, Yamaha setuju untuk melakukan peningkatan pada mesin dan elektronik, seperti yang dikeluhkan Rossi sebelumnya. Untuk sasis, menurut Rossi juga cukup penting. Agar bisa lebih stabil saat mengerem dan lebih cepat saat masuk tikungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com