Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Menyebabkan Vinales Gagal Finis di GP Australia

Kompas.com - 28/10/2019, 11:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

PHILLIP ISLAND, KOMPAS.com - Maverick Vinales mengaku tidak menyesal gagal finish di MotoGP Australia karena crash di lap terakhir. Ia menyatakan, lebih baik untuk mengejar kemenangan atau tidak sama sekali.

Sejak awal balapan, Vinales mendominasi sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (27/10/2019). Namun jelang penghujung balapan, Marc Marquez mulai memperkecil jarak hingga pada akhirnya berhasil menyalip di lap terakhir.

"Saya mencoba melaju kencang saat bisa berada di depan, tapi saat melihat '15 lap, Marc +0,2' oke, saya akan menunggu hingga lap terakhir," kata Vinales dilansir Crash, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Hasil MotoGP Australia, Marquez Podium, Rossi Masih Tercecer

"Saya tahu jika Marquez '+0', dia akan melakukan overtake saat trek lurus. Itu wajar saja, dia menggunakan kartu andalannya. Di benak saya hanya di tikungan 10, itu di mana saya unggul, tapi saya harus sangat dekat untuk melancarkan serangan," ujarnya.

Tak berselang lama setelah didahului Marquez, Vinales kemudian melancarkan serangannya tersebut. Namun ia melakukan kesalahan kecil ketika menurunkan satu gigi di kecepatan yang cukup tinggi, mengakibatkan kehilangan grip ban belakang.

Baca juga: Klasemen MotoGP Terkini Usai GP Australia

 

Maverick Vinales dan Marc Marquez berfoto bareng usai sesi kualifikasi MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/PETER PARKS Maverick Vinales dan Marc Marquez berfoto bareng usai sesi kualifikasi MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

"Jika saja saya menurunkan gigi secara normal, mungkin saya tidak terjatuh dan bisa memimpin balapan kembali dengan jarak yang cukup. Tapi di lain hari, serangan itu pasti berhasil," katanya.

Kendati demikian, pebalap berusia 24 tahun tersebut mengaku tidak menyesali dengan hasil balapannya yang tanpa poin di Australia.

"Saya sangat senang setelah memberikan yang terbaik di setiap lap. Bagi saya, kemenangan atau tidak sama sekali," ujar Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com