Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2019

Adik dari Terios, Daihatsu Rocky Punya Peluang Dijual di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2019, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Daihatsu Motor Company (DMC)., Ltd, rupanya sedang bersiap untuk meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yang merupakan rainkarnasi dari Daihatsu Rocky.

Mobil hasil kolaborasi dengan Toyota ini pun dikabarkan siap meluncur dalam waktu dekat guna melengkapi line-up model yang telah menggunakan platform Daihatsu New Generation Architecture (DNGA) di pasar otomotif Jepang.

"Secepatnya (peluncuran). Apakah tahun ini atau bukan, saya tidak tahu, mobil ini bukan segmen baru, tapi masuk dalam kategori 5," ujar Operating Officer DNGA Business Unit, R&D Connect Group Chief Officer (DMC) Katsumi Marutani, kepada wartawan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Jepang, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Rocky, Mobil Baru Daihatsu Segera Meluncur

Ketika ditanya apakan SUV berkubikasi 1.000 cc dengan turbo tersebut juga akan dipasarkan di luar Jepang atau pasar global, Marutani hanya menjelaskan bila hal tersebut mungkin saja dilakukan Daihatsu.

Sayangnya Marutani belum mau membuka keran informasi lebih lanjut mengenai pasar mana saja yang nantinya akan dijajaki oleh Daihatsu Rocky, termasuk juga soal kisaran harga jualnya.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Namun ketika ditanya soal kemungkinan SUV bertubuh ringkas itu bisa masuk Indonesia, dia hanya mengatakan bila hal tersebut sedang dipelajari. Termasuk juga soal produksi di Indonesia

"Kami sudah melakukan studi, marketing studi, manufacturing studi, dan juga engineering studi, semua kita lakukan. Untuk produksi kami tidak tahu, masih studi," ucap Marutani.

Selain mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder dengan turbo yang dulu juga sempat digemborkan oleh Daihatsu Indonesia, Rocky rupanya juga sudah mengaplikasi sistem transmisi CVT yang lebih modern dari Terios.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com