Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Vietnam Produksi Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 07/10/2019, 08:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan Xpander akan diproduksi di Vietnam pada 2020. Langkah ini dilakukan menyusul suksesnya penjualan Xpander selama tahun fiskal 2018 di sana.

Hadir kali pertama di Vietnam pada Oktober 2018, Mitsubishi Motors Vietnam Co.,Ltd (MMV) berhasil menjual Xpander rakitan Indonesia sebanyak 14.000 pada tahun fiskal 2018. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Chairman MMC Osamu Masuko mengatakan, hal tersebut akan jadi tantangan baru yang akan terus bertumbuh. Ia mengharapkan pasar otomotif Vietnam terus bertumbuh dan mengukuhkan hasil positif, sembari memfasilitasinya.

Baca juga: Vietnam Jegal Lagi Impor CBU, Pemerintah Kembali Lobi

Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).

Sektor ekonomi pun tentu akan mengalami perkembangan, khususnya dalam hal tenaga kerja, pengembangan sumber daya manusia, investasi serta transfer teknologi.

"Kami akan berusaha untuk upaya baru ini di Vietnam, yaitu memproduksi mobil berkualitas tinggi dan memuaskan lebih banyak pelanggan di Vietnam," ujarnya seperti dilansir dari laman resmi MMC, Senin (7/10/2019).

Adapun, Mitsubishi Xpander pertama kali diproduksi di Indonesia tahun 2017 dan mendapatkan penerimaan positif di dalam negeri. Dalam waktu dua tahun, mobil bergenre Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut sudah laku 130.000 unit.

Baca juga: Ekspor Mobil Buatan Indonesia ke Vietnam Mulai Menggeliat Lagi

Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander

Kemudian, Xpander juga sukses jadi produk ekspor termasuk ke Vietnam. Sampai saat ini (Januari-Juli 2019), tercatat sudah ada 8.318 unit yang dikapalkan ke sana.

"Perkembangan ekspor Mitsubishi ke Vietnam sangat baik tahun ini, bahkan mengalahkan Toyota (5.272 unit dalam periode yang sama)," ujar Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian saat berbincang dengan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan mulai diproduksinya Xpander di Vietnam, maka ekspor Mitsubishi ke negara tetangga itu juga bakal hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com