Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Peugeot Didominasi Konsumen Baru

Kompas.com - 30/07/2019, 15:50 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski bermain di segmen kecil, namun SUV 5008 yang menjadi produk baru Peugeot di Indonesia ternyata cukup mendapat sambutan positif. Hal ini terbukti dari klaim angka pemesanannya yang sudah menyentuh 20 unit sejak diluncurkan pada akhir Juni 2019.

Lantas siapa profil konsumen terbesar Peugeot di Indonesia saat ini. Menjawab pertanyaan tersebut, Chief Executive Astra Peugeot Rokky Irvayandi, menjelaskan bila konsumen "Singa Perancis" tersebut saat ini banyak didominasi konsumen baru.

"Lebih banyak konsumen baru dibandingkan yang dulunya sudah pernah pakai Peugeot. Kalau dari profil itu lebih banyak pengusaha sekitar 70 persen sisanya eksekutif di perusahaan," ucap Rokky kepada media di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Baca juga: Diam-diam Peugeot 5008 Terpesan Puluhan Unit

Menurut Rokky, untuk strategi penjualan yang saat ini diterapkan lebih ke kegiatan-kegiatan seperti pameran di beberapa pusat perbelanjaan. Selain itu, sejak 5008 meluncur, beberapa diler Peugeot di Jakarta juga dibuka lebih lama, termasuk pada Sabtu dan Minggu.

Kondisi tersebut dilakukan untuk memfasilitasi konsumen yang ingin melihat lebih dekat baik untuk produk 3008 maupun 5008. Bahkan konsumen juga ikut difasilitasi guna merasakan sensasi singkat berkendara dengan beberapa unit test drive yang disediakan.

Interior Peugeot 5008 Interior Peugeot 5008

Sementara dari segi pembelian, menurut Rokky karakteristik konsumennya sangat tergantung dari bentuk penawaran yang diberikan. Bila tidak ada paket kredit yang menarik, maka konsumen cenderung membeli produk dengan cara tunai.

"Pembeliannya itu tergantung, 50:50. Kalau penawarannya (kredit) biasa saja pilih bayar cash. Tapi bila ada promo seperti cicilan nol persen selama satu tahun, mereka lebih pilih pakai kredit. Beberapa konsumen juga ada yang dari customer premium bank, jadi sering dapat penawaran bagus dari bank dan ambil dengan cicilan," ucap Rokky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com