Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Pilih yang Mana Honda Genio atau BeAT?

Kompas.com - 01/07/2019, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Genio menambah jajaran skutik entry level 110cc menemani BeAT, Scoopy dan Vario. Kehadirannya dipercaya bakal mencuri hati anak muda yang peduli terhadap penampilan.

Disesaki banyak produk sejenis di kelas yang sama bisa saja membuat konsumen jadi sulit memilih. Khususnya para remaja sebagai pasar yang dituju, lebih baik memilih Genio atau BeAT yang sudah familiar?

Harga

Posisi harga Honda Genio berasa di tengah antara BeAT dan Scoopy. Honda Genio tipe CBS dipasarkan seharga Rp 17,2 juta, sedangkan Genio tipe CBS-ISS dibanderol Rp 17,7 juta, on the road (OTR) Jakarta.

Sedangkan mengutip situs resmi AHM, varian BeAT Pop CW kini dibanderol Rp 15.632.000 juta. Sedangkan varian tertinggi yakni BeAT Sporty CBS ISS kini dibanderol Rp 16.768.000, on the road (OTR) Jakarta.

Honda BeATKOMPAS.com/Gilang Honda BeAT

Desain

Penampilan Genio produksi massal pada dasarnya tidak jauh berbeda saat masih menjadi versi konsep Project G. Bentuk fasia depan hingga belakang masih mengikuti versi konsepnya yang pertama kali diperkenalkan di IMoS 2018.

Sekilas penampilan Genio mirip dengan Scoopy, sehingga membuatnya seolah seperti "adik." Bentuk lampu depan besar diapit dua lampu sein dan bantuk fasia belakang pada dasarnya garis desain milik Scoopy.

Sedangkan BeAT belum berubah banyak sejak mengalami perubahan beberapa tahun silam. Berbeda dengan Geio yang sedikit ''retro'' karana da unsur Scoppy, maka desain BeAT masih sporti untuk kelasnya.

Honda GenioFoto: Bayu Nurpatria Honda Genio

Fitur

Honda Genio dibekali beberapa fitur terkini. Lampu depan sudah LED, namun lampu belakang masih bohlam. Panelmeter sudah digital dan menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO.

Baca juga: Letak Soket Pengisian Gawai di Bagasi Honda Genio Dipertanyakan

Fitur penunjang lain yaitu adanya power charger untuk mengisi ulang baterai ponsel pintar atau gawai. Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis.

Sedangkan BeAT belum ada soket pengisisan gawai. Fitur pendukungnya yaitu panelmeter digital, fitur rem parkir, combi brake system, lubang kunci berpengaman, dan tempat penyimpanan bagasi 11 liter.

Honda GenioFoto: Bayu Nurpatria Honda Genio

Rangka 

Sasis Genio menggunakan teknologi rangka baru bernama eSAF dari kepanjangan enhanced Smart Architecture Frame. Genio merupakan model pertama yang menggunakan rangka ini di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com