Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Genio Meluncur, Scoopy 150 Segera Menyusul

Kompas.com - 22/06/2019, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya Honda Genio sempat di luar ekspektasi awal yang ternyata bermain di segmen skutik kelas 110 cc. Artinya, dari informasi yang diperoleh Kompas.com, PT Astra Honda Motor (AHM) masih menyimpan Scoopy 150, yang kabarnya segera menyusul dalam waktu dekat.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pasar skutik kelas bawah bisa mencapai 2 sampai 3 juta per tahun, sehingga masih banyak target yang bisa disasar yakni anak muda kasual.

Baca juga: Spesifikasi Skutik Baru Honda Genio

"Kami melihat potensi pasar pengguna skutik di entry level di kisaran dua hingga tiga juta per tahun. Sehingga kami melihat punya potensi mengembangkan desain, tren yang sporty, kemudian yang kita kembangkan (motor) ke anak muda yang kasual," kata Thomas, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Honda Genio Foto: Bayu Nurpatria Honda Genio

Honda Genio lahir setelah AHM mempelajari dengan seksama mengenai kebutuhan masyarakat Indonesia. AHM bahkan banyak berdiskusi dengan konsumen agar mendapat masukan yang tepat.

Baca juga: Siapa Rival Skutik Honda Genio?

"Kita melihat ada tren di segmen skutik entry level yang kini lebih mengarah ke fashionable. Tapi fashion-nya tidak yang terlalu berlebihan atau high class. Karena itu yang ini (Genio) lebih ke kasual," kata Thomas.

Meski sama-sama main di kelas 110 cc, posisi Honda Genio di antara BeAT, Scoopy dan Vario, berbeda. Genio berada di bawah Scoopy tapi di atas BeAT. Posisinya berada di entry level sedangkan Scoopy ada di medium high.

"Memang di kelas 110 cc ini ada beberapa segmen yang kami masuki. Segmen pemula atau entry level ada BeAT Series, di medium ada Vario dan Scoopy 110. Perbedaannya, Scoopy mid-high segment dan bukan lagi pemula atau entry level," kata Thomas.

Sementara itu, dari sumber perusahaan, menyebutkan kalau Scoopy 150 tetap siap diluncurkan ke pasar. Upaya ini demi melengkapi segmentasi Genio dan Scoppy yang nantinya, mengisi semua ceruk pasar, low, medium, dan upper.

"Juli nanti,  berbarengan (GIIAS 2019)," kata sumber itu, singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com