Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letak Soket Pengisian Gawai di Bagasi Honda Genio Dipertanyakan

Kompas.com - 24/06/2019, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merespons kebutuhan, para pabrikan sepeda motor kini menyematkan power outlet untuk mengisi daya gawai atau ponsel pintar. Letak soket pengisiannya pun beragam, mulai dari glove box sampai di bagasi.

Skutik Honda Genio yang baru meluncur juga dilengkapi dengan power outlet 12V yang terletak di dalam bagasi. Namun kemudian timbul pertanyaan mengenai keamanan mengisi daya ponsel di dalam bagasi, karena berdekatab dengan tangki BBM.

Menanggapi hal tersebut, Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, fitur power outlet yang disematkan sudah melalui pengetesan dari berbagai sisi. Pabrikan juga tentu memperhatikan sisi keamanannya.

Baca juga: Baterai Remote "Keyless" Habis, Ini Cara Buka Pintu dan Hidupkan Mesin

"Secara desain hal itu sudah dilakukan pengujian sehingga posisi soket diletakkan di situ dan sudah dibuat secara proposional memenuhi standar keamanan. Standar ini kan bukan hanya di Indonesia tapi juga global. Kami juga telah melakukan pengujian berjalan, seperti penggunaannya dan sejauh ini aman," kata Thomas.

Secara fungsi, penempatan soket di dalam bagasi memiliki keunggulan karena terhindar dari hujan maupun debu. Dari sisi keselamatan juga lebih baik karena pengendara tidak bisa bermain ponsel di jalan saat ponsel sedang dicas.

Tapi dari sisi keamanan hal itu juga menimbulkan kekhawatiran. Pengisian daya ponsel di dalam bagasi disebut kurang aman. Beberapa kasus sebelumnya menuding ponsel yang ditaruh di dalam bagasi bisa meledak.

Letak soket pengisian daya ponsel di Honda Genio dipertanyakan.Foto: Bayu Nurpatria Letak soket pengisian daya ponsel di Honda Genio dipertanyakan.

Baca juga: Kompetisi Slalom Honda Brio Dimulai di Jakarta

Kesimpulan sementara menyebut hal itu bisa terjadi karena baterai ponsel tidak kuat terpapar hawa panas dari mesin. Adapun hal lain yaitu mengenai gelombang yang dipancarkan hingga adanya korsleting arus listrik.

Makoto Dohi, Assistant Chief Engineer Honda R&D Co., Ltd menjamin menjamin piranti ini aman digunakan. Penempatan soket di bagasi sebenarnya bertujuan untuk memudahkan pengguna saat dalam perjalanan.

"Letak soket power outlet di dalam bagasi untuk memberi kemudahan dan kenyamanan pengguna, agar handphone pengguna tidak terkena debu ataupun hujan saat di perjalanan," kata Makoto di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com