Daihatsu Optimistis Penjualan Mobil Tahun Ini Tembus 1 Juta Unit

Kompas.com - 25/06/2019, 09:42 WIB
Harga Daihatsu Sigra naik Stanly/KompasOtomotifHarga Daihatsu Sigra naik

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) menargetkan penjualan mobil baru secara nasional sepanjang 2019 tembus 1,1 juta unit. Jumlah itu diprediksi sama seperti total tahun lalu yang mencapai 1.151.291 unit.

Apabila mengacu pada data Gaikindo, pengiriman mobil dari pabrik ke diler (wholewsales) untuk periode Januari-Mei 2019 mengalami penurunan 14,72 persen dibanding periode yang sama di 2018.

Jumlah wholesales selama lima bulan pertama tahun ini mencapai 422.038 unit, sementara tahun lalu diperiode yang sama tembus 494.931 unit.

Melihat kondisi itu, para produsen otomotif pun berharap usai pilpres 2019 ini perekonomian hingga situasi kembali kondusif sehingga daya beli masyarakat bisa tumbuh kembali.

Baca juga: Cerita Petualangan Daihatsu Terios di Malaysia

Bahkan, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra pun optimistis total penjualan mobil baru secara nasional sepanjang 2019 ini tetap mencapai 1 juta unit.

"Saya rasa tidak akan jauh berbeda dengan jumlah tahun lalu. Tidak mungkin kalau total penjualan mobil baru tahun ini di bawah 1 juta unit," ujar wanita yang akrab disapa Amel menjawab pertanyaan Kompas.com di sela-sela acara Terios 7 Wonders di Kuching, Malaysia, pekan lalu.

Amel pun berharap kondisi pasar pada semester kedua tahun ini bisa kembali pulih agar masyarakat tidak menahan diri ketika ingin membeli mobil. Begitu juga kondisi politik diharapkan bisa kondusif.

"Sebab hal yang seperti itu sangat mempengaruhi penjualan di industri otomotif. Tetapi sekali lagi saya yakin penjualan mobil baru tetap mencapai 1 juta unit," kata Amel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X