Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Fitur Renault Triber dan MPV Murah Lainnya

Kompas.com - 21/06/2019, 14:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Renault Triber tinggal menunggu waktu datang ke Indonesia. Diperkenalkan di India Rabu (19/6/2019) lalu, kendaraan yang masuk MPV tersebut akan bersaing di kelas low MPV murah karena mesin yang digunakannya yakni 1.000 cc.

Menengok calon rivalnya di Tanah Air, Triber perlu senjata yang pas agar dapat diterima calon konsumen. Untuk itu mari kita simak fitur antara Triber dan calon rivalnya yakni kendaraan MPV LCGC seperti Sigra, Calya dan Datsun Go+ meski tidak seluruhnya apple to apple secara kubikasi mesin.

Triber hadir dengan beberapa fitur seperti LED instrumen cluster dan twin AC dengan lubang udara hadir di tiap baris. Untuk hiburannya, layar sentuh 8 inci hadir dengan beragam fitur seperti Android Auto, Apple CarPlay, Push to talk dan pemutar video. 

Sebagai bagian keamanan, Triber hadir dengan Smart Access Card yakni sistem keyless untuk menyalakan mesin dengan sentuhan tombol start stop. Lampu depan Triber menggunakan projektor dengan tambahan LED DRL.

Baca juga: Perbandingan Dimensi Renault Triber dengan Calya Sigra

2019 - Nouveau Renault TRIBERRenault 2019 - Nouveau Renault TRIBER

Fitur keamanan, Triber dilengkapi empat airbags dan sabuk pengaman di semua baris yang dilengkapi dengan retractor dan pretensioner untuk pengemudi. Sensor parkir dan sistem peringatan kecepatan juga sudah hadir di MPV ini.

Mari simak fitur Sigra yang menggunakan mesin 1000 cc. Beberapa fitur yang dihadirkan antara lain audio 1 DIN dengan pemutar CD, MP3, AUX, USB dan Radio dengan dua speaker belakang. 

Hadir juga ECO indicator, MID dengan takometer dan AC serta immobilizer, alarm plus keyless entry. Sayangnya varian 1.000 cc belum dilengkapi airbags dan sistem transmisi otomatis alias hanya manual saja.

Untuk Sigra mesin 1.200 cc dan Calya, fitur keamanan seperti Dual SRS Airbag sudah tersedia. Selain itu terdapat 3 point seatbelt, sensor parkir, ABS, Isofix serta hiburan 2DIN Audio dengan pemutar CD, MP3, AUX, USB, Bluetooth dan Radio. Dalam model ini tersedia transmisi otomatis.

2019 - Nouveau Renault TRIBERRenault 2019 - Nouveau Renault TRIBER

Beralih ke MPV Datsun Go + yang menggunakan mesin 1.200 cc. Fitur dalam kabin tersedia head unit 2DIN 6,75 inci dengan kemampuan USB, AUX, Bluetooth serta konektivitas dengan telepon genggam. 

Go + varian teratas juga dilengkapi pengatur kaca spion elektrik, AC, power window follow me home light, intelligent wiper system dan long range headlamp. Model ini sudah dibekali dengan transmisi otomatis.

Nah tinggal menunggu kehadiran Triber secara nyata pada pameran otomotif Juli mendatang. PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) sudah mengungkapkan tidak akan ada perbedaan antara Triber yang hadir di India dan yang akan dipasarkan di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com