Kompas.com - 21/06/2019, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Renault telah memperkenalkan Triber, Rabu (19/6/2019). Model terbaru tersebut masuk dalam kategori kendaraan tujuh penumpang atau multi purpose vehicle (MPV), namun bila lebih dalam lagi, Triber ada di segmen low atau MPV murah.

Renault sudah menyatakan Triber akan masuk ke Indonesia Juli mendatang. Ini artinya Triber akan langsung berhadapan dengan rival-rival yang sudah lebih dulu hadir.

Melihat spesifikasi mesin 1.000 cc, sudah sepantasnya Triber masuk dalam jajaran produk LCGC. Ada dua produk yang sudah hadir yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mari kita bahas perbandingan dari segi dimensi dan mesin.

Dari data, Renault Triber memiliki dimensi panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm (dari ban ke ban), dan tinggi 1.662 mm. Jarak sumbu roda 2.636 mm, jarak pijak roda depan 1.547 mm dan roda belakang 1.545 mm.

Ukuran dimensi Triber memenuhi standar kendaraan yang ditetapkan pemerintah India. Dalam peraturan tersebut kendaraan didesain dengan panjang kurang dari empat meter.

Baca juga: Renault Sebut Mesin Triber Beda dengan Kwid

2019 - Nouveau Renault TRIBERRenault 2019 - Nouveau Renault TRIBER

Lantas bagaimana dengan produk kembar Calya dan Sigra? Kedua produk kembar tersebut memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm, jarak pijak roda depan 1.470 mm dan roda belakang 1.475 mm.

Perbandingan ketiga produk memperlihatkan meski kalah tipis dari segi panjang, Triber unggul tipis di tinggi dan lebar. Lantas bagaimana dengan mesin?

Dari mesin 1.000 cc Triber memproduksi tenaga 72 tk pada 6.250 rpm dan 96 Nm pada 3.500 rpm. Untuk Calya, saat ini sudah tidak menawarkan mesin 1.000 cc dan hanya ditawarkan pada Sigra. Mesin 1KR-VE, DOHC VVT-i 998 cc tiga silinder menghasilkan tenaga 67 tk pada 6.000 rpm dan torsi 89 kg.m pada 4.400 rpm. 

Triber akan dipasangkan dengan transmisi lima percepatan manual dan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) lima percepatan. Untuk Sigra, mesin 1.000 cc miliknya tidak diberikan opsi otomatis atau hanya manual saja.

Maxindo Renault Indonesia (MRI) yakin produk terbarunya Triber ini akan menjawab kebutuhan kendaraan MPV di Tanah Air. Pada pameran otomotif nasional Juli mendatang, MRI akan memperkenalkan Triber namun belum mengungkapkan apakah langsung membuka keran penjualan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.